Jelang Rakernas Nasdem, Gus Choi Sebut 3 Nama Cawapres Dari Kader Terbaik

Tuesday 1 Mar 2022, 3 : 22 pm
by

JAKARTA-Partai Nasdem batal menggelar konvensi capres 2024, karena syarat formal presidential threshold harus memiliki 20 persen suara.

Sementara Partai Nasdem hanya memiliki suara 9,6 persen Pemilu 2019.

Artinya Nasdem harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung pasangan capres-cawapres.

Namun sebagai ganti konvensi, Nasdem menggelar Rembuk Nasional melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022, salah satunya terkait pencalonan presiden 2024.

Bahkan Ketua umum Nasdem Surya Paloh sempat mengungkap tiga nama capres yang bakal dibidik.

“Belum bisa diungkap sekarang, namun tiga nama itu sudah ada di kantong beliau,” kata Ketua DPP Partai Nasdem, A Effendy Choirie kepada wartawan saat ditanya soal sosok capres tersebut, di Jakarta, Selasa (1/03/2022).

Saat didesak siapa nama-nama capres tersebut, Gus Choi tetap kukuh dan tak bergeming mengungkap sosok tokoh tersebut, baik inisial nama maupun ciri-ciri capres tersebut.

“Janganlah, tidak etis, karena prosesnya masih panjang,” ucapnya singkat.

Namun demikian, Gus Choi menjelaskan bahwa dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15-17 Juni 2022, pihaknya mengusulkan pula ada agenda yang membahas nama-nama cawapres 2024 dari internal Nasdem.

Menurut Politisi Kelahiran Gresik, Nasdem memiliki sejumlah kader yang layak dan pantas untuk diajukan serta dipertimbangkan menjadi CAWAPRES.

“Tiga nama itu, antara lain, Ahmad Ali (Waketum Partai Nasdem), Lestary Moerdijat (Wakil Ketua MPR RI) dan Rachmad Gobel (Wakil Ketua DPR RI),” paparnya lagi.

Ditanya sejumlah alasan mengusulkan tiga nama cawapres Nasdem, Aktivis PMII ini menjelaskan ketiga nama kader tersebut memiliki masing-masing keunggulan.

“Semuanya merupakan kader terbaik Nasdem. Mereka punya integritas dan moralitas yang tidak perlu diragukan,” terangnya.

Selain itu, kata Gus Choi, baik Ahmad Ali, Rahmad Gobel dan Lestari Moerdijat (Ririe-sapaan akrabnya) memiliki pengalaman panjang menjadi businessman alias pengusaha.

“Ketiganya sukses membangun jaringan usaha hingga menjadi perusahaan Multinational Corporation (MNC). Sehingga mereka memiliki jaringan internasional yang bisa dimanfaatkan untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara,” terangnya.

Disisi lain, lanjut Gus Choi, tiga kader Nasdem tersebut memiliki kapasitas, kapabilitas dan kekuataan financial.

Sehingga hal ini menjadi kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki partai lain.

Selain tiga kader Nasdem, Aktivis Nahdlatul Ulama ini tak membantah pihaknya juga melirik sejumlah nama-nama lain di luar Partai Nasdem, terutama dari kalangan nahdliyin.

“Misalnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Ali Masykur Musa (Ketum ISNU), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim) dan Yenny Wahid, (Mantan Komisaris Garuda) dan Nasaruddin Umar (Imam Besar Masjid Istiqlal),” imbuhnya.

Mantan Sekjen Pengurus Besar (PB) Ikatan Keluarga Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) ini mengakui, lima kader NU tersebut juga layak untuk dipertimbangkan menjadi Cawapres 2024.

“Pengalaman dan kapasitas para kader NU tersebut cukup mumpuni dan sudah teruji di lapangan,” pungkasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sosialisasi Empat Pilar, Intan Sebut Pancasila Sangat Sejalan Dengan Islam

DEPOK-Anggota MPR RI, Hj Intan Fitriana Fauzi, SH,LL.M menggelar sosialisasi

Alumni UNEJ Serukan Pertobatan Penyelenggara Negara

DEPOK-Gelombang keprihatinan kalangan cendekiawan dari berbagai kampus yang dinyatakan dalam