Jembatani Diaspora, BNI Sukses Bawa UMKM Sidoarjo Ekspor Keripik Singkong ke Belanda

Monday 5 Feb 2024, 5 : 53 pm
Atase Perdagangan Sabbat Christian Jannes Sirait (kedua kiri), Head of Amsterdam Office BNI Belanda Dwi Wibowo (ketiga kiri), Ben Helen Trading Helen (tengah), Wakil Duta Besar KBRI Den Haag Freddy Martin Panggabean (ketiga kanan), Ben Helen Trading Benny (kedua kanan), dan Koordinator Divisi Makanan dan Minuman Aspina Renu Lubis (kanan) dalam pengiriman perdana UMKM Siduarjo ke Belanda pada akhir Januari 2024

JAKARTAPT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) proaktif mengantarkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan bisnisnya menembus pasar internasional.

Melalui BNI Xpora, UMKM asal Sidoarjo, Jawa Timur, PT Indorasa Utama, berhasil mengekspor 1 container berukuran 40 feet yang berisikan 1.360 box produk snack olahan singkong ke Rotterdam, Belanda.

Selain itu juga terdapat 400 box snack produk olahan teri dan 2.800 box produk olahan bawang ke negara yang sama.

Pengiriman perdana ini merupakan hasil business matching yang dijembatani BNI Xpora, antara PT Indorasa Utama di Sidoarjo dengan Diaspora Buyer Ben Helen Trading yang merupakan anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) di Amsterdam, Belanda.

Acara serah terima produk UMKM tersebut dilakukan di Daxel Warehousing, Rotterdam, Netherland, akhir Januari 2024.

Hadir dalam acara Wakil Duta Besar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag Freddy Martin Panggabean, Atase Perdagangan Sabbat Christian Jannes Sirait, Anggota Presidium Asosiasi Pengusaha Indonesia (ASPINA) Belanda Lubis, Head of Amsterdam Office BNI Amsterdam Dwi Wibowo, serta Benny dan Helen dari Ben Helen Trading Belanda.

Dalam keterangannya, Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan, upaya perseroan dalam menjembatani para pelaku UMKM dan diaspora di Belanda kini menunjukkan hasil yang nyata.

Hal ini membuktikan bahwa produk-produk UMKM Indonesia memiliki kualitas yang mumpuni sehingga diminati di pasar global.

“Ini adalah hasil business matching yang telah kita arrange di tanggal 10 Juli 2023 secara daring dan kita berhasil mewujudkannya. Semoga ini menjadi awal yang baik,” ujarnya.

Putrama menjelaskan, proses business matching tersebut dilakukan melalui tahapan yang panjang, dari mulai pembahasan spesifikasi produk, packaging, kirim sampel produk, penentuan harga produk, dan pembahasan sales contract untuk kerjasama jangka panjang, hingga akhirnya pengiriman dilakukan pada tanggal 13 November 2023 melalui pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan tiba di Rotterdam pada Senin, 22 Januari 2024.

Ben Helen Trading akan mendistribusikan produknya melalui beberapa toko Asia yang ada di sekitar Belanda.

Putrama menambahkan, melalui BNI Xpora, perseroan mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia agar dapat mengembangkan bisnisnya menuju UMKM GO Productive, Go Digital, dan Go Global.

Tak hanya itu, melalui channel tersebut, BNI siap melayani para diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri untuk menemukan potential supplier di Indonesia.

“Semoga semakin banyak produk-produk lokal Indonesia bisa go global, sehingga para pelaku UMKM bisa naik kelas,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Siapkan Rp105 Triliun Jelang Natal dan Akhir Tahun

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp105,0 triliun untuk

Presiden Jokowi Minta SWF Indonesia Segera Tancap Gas Bekerja

JAKARTA-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Dewan Pengawas Sovereign Wealth