Jokowi! Jangan Remehkan Suara Kampus

Tuesday 6 Feb 2024, 12 : 38 am
Direktur Juru Kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Mohammad Choirul Anam

JAKARTA – Presiden Joko Widodo diminta untuk berhati-hati dan tidak meremehkan gerakan yang muncul dari berbagai kampus di tanah air belakangan ini, yang memprotes kekuasaan Jokowi yang dianggap sudah  melenceng dari nilai-nilai demokrasi.

Direktur Juru Kampanye Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD Mohammad Choirul Anam mengatakan saat para guru besar dan mahasiswa bergandeng tangan, peristiwa 1998 bisa Kembali terjadi di tahun 2024.

Sebagai aktivis Gerakan 1998, Anam mengungkapkan ada kesamaan menarik dari peristiwa politik 1998 dan 2024 ini.

“Yang terjadi, suara dan fenomena di masyarakat ditangkap oleh kampus. Bedanya mahasiswa masa kini tak lagi bergerak di jalan, tetapi ditambah dengan postingan dan sosial media mereka,” tandas Choirul Anam saat menjadi narasumber dalam diskusi media di Media Center Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD di Cemara, Jakarta, 5 Februari 2024 bertema ‘Gerakan Intelektual Kampus dan Netralitas Presiden beserta Aparatur Negara dalam Pemilu 2024’.

Menurut Anam, karena  muak pada kepongahan yang terus berlanjut, saat ini sampai muncul gerakan ‘Yang Penting Bukan 02’.

Ini bukan hanya karena sosok di 02, tetapi juga akibat proses politiknya, dimulai dari istilah ‘Mahkamah Keluarga’ yang menjungkirbalikkan tatanan hukum.

Proses itu kemudian dilanjutkan dengan gaya yang pongah, lewat bansos-bansos hingga ada aksi pembagian di depan istana.

Anam mengkritik pembagian bansos besar-besaran sebagai penerapan praktik ‘pork barrel politics’ atau ‘politik gentong babi’ sebagai upaya calon pemimpin memberikan uang atau barang kepada masyarakat untuk memikat pemilih sekaligus mendulang suara.

“Ini bukan soal pembagian bansosnya, tapi bagaimana menjadikan birokrasi yang rusak. Birokrat yang kritis diancam untuk netral, tapi kemudian dia sendirilah yang tidak netral,” tegasnya.

Di luar negeri juga kata Anam, banyak kejadian kejatuhan penguasa diktator karena kepongahan.

“Pengalaman sudah terjadi di Amerika Latin, misalnya kejatuhan rezim otoriter Rafael Trujillo di Dominika. Begitupula runtuhnya diktator militer di Portugal,” kata Choirul Anam yang dalam diskusi juga menghadikan Peneliti Senior LIPI Ikrar Nusa Bhakti dan Pengamat Kebijakan Publik Yanuar Nugroho, dipandu Direktur Eksekutif Kominfo dan Jubir TPN Tomi Aryanto.

“Kita harus menggalang upaya inisiasi penyelamatan agar negara ini tak jadi demokrasi yang gagal. Karena itu, kita harus selamatkan Indonesia dari kekuasaan yang pongah,” tegas komisioner Komnas HAM 2017-2022 ini.

Konkretnya, Anam mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan memilih calon pemimpin yang benar pada Pemilu 14 Februari 2024 nanti.

“Hanya hati nurani yang jernih, yang bisa menghayati pernyataan sikap para guru-guru yang sudah memberikan nasihat pada kita semua ini,” pungkas Anam, sembari mengapresiasi sikap para pendidik dan guru besar dengan menyanyikan lagu ‘Terima Kasih Guruku’.

“Terima kasihku ku ucapkan

pada guruku yang tulus

Ilmu yang berguna selalu dilimpahkan

untuk bekalku nanti

Setiap hari ku dibimbingnya

Agar tumbuhlah bakatku

Kan ku ingat selalu nasehat guruku

Terima kasihku guruku…”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Uang Beredar Juli 2015 Sebesar Rp 4.383,0 Triliun

JAKARTA-Pertumbuhan likuiditas perekonomian M2 (Uang Beredar dalam arti luas) kembali

Naik 12%, 4,36 Juta Penumpang Mudik Lewat Bandara Soetta

TANGERANG – Jumlah penumpang udara pada periode musim mudik dan