Katrol Ekonomi Bali, BBTN dan Pemerintah Siap Pulihkan Sektor Pariwisata

Monday 12 Apr 2021, 11 : 26 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) berkomitmen untuk menyelaraskan aktivitas perusahaan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), termasuk upaya mendorong perbaikan sektor pariwisata di Bali.

Direktur Utama BBTN, Haru Koesmahargyo dalam siaran pers yang dikirim melalui surat elektronik di Jakarta, Senin (12/4) menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 menciptakan dampak negatif yang signifikan terhadap perekonomian Bali, karena sebagian besar pendapatannya berasal dari sektor pariwisata.

“Bank BTN akan selalu menyelaraskan aktivitas perusahaan dengan program utama pemerintah, sehingga kian mempercepat perbaikan ekonomi di Bali. Kami percaya masyarakat dan Pemda Bali mampu melalui periode yang sulit ini melalui kerja sama yang berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan,” ujar Haru.

Baru-baru ini, lanjut Haru, BBTN bersama dengan Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berkomitmen untuk mendorong percepatan PEN Padat Karya Restorasi Terumbu Karang (Indonesia Coral Reef Garden/PEN-ICRG) sebagai upaya perbaikan ekonomi di Bali.

Sebagaimana diketahui, program PEN-ICRG dipusatkan pada perairan Nusa Dua, Sanur, Serangan, Pantai Pandawa, hingga Buleleng, dengan cakupan restorasi seluas 50 hektar.

Haru menyatakan, dukungan BBTN terhadap konservasi terumbu karang diharapkan dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali, menurut Haru, perekonomian di Pulau Dewata ini mengalami kontraksi mencapai 12,28 persen pada Kuartal III-2020 dan pada Kuartal IV sebesar 12,21 persen (year-on-year).

Sedangkan secara kumulatif, perekonomian Bali di sepanjang 2020 terkontraksi sebesar 9,31 persen (y-o-y).

Lebih lanjut Haru menyampaikan, sebagai bentuk komitmen BBTN dalam mendukung percepatan PEN yang dibarengi dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan, pada akhir pekan lalu (10/4) pemasangan 710 terumbu karang dan melepasliarkan 7.100 ekor tukik di Pantai St Regis, Nusa Dua.

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi XI DPR, Eriko Sotarduga menyampaikan, konservasi tersebut akan menambah struktur terumbu karang dan memperbaiki ekosistem biota laut yang pada gilirannya bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Langkah Bank BTN ini dapat membantu Badung untuk kembali menata diri usai terhantam pandemi Covid-19,” ucap Eriko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

APBN

Jaga APBN, Belanja K/L Dipangkas Rp 65 T dan Transfer ke Daerah Rp68.8 T

JAKARTA-Pemerintah melakukan pemangkasan terhadap sejumlah pos di Kementerian-Lembaga (K/L) maupun

Novanto Bawa Golkar Jadi “The Leading Party”

JAKARTA-Banyak pihak mengeritik keputusan Partai Golkar menunjuk kembali Setya Novanto