Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan Rusunawa MBR ke Pemkot Gorontalo

Senin 28 Des 2020, 10 : 39 am
by
Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid

Prosesi serah terima dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember 2020 dan ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan dan Pemanfaatan antara Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo ddengan Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo sebagai Wakil Pemerintah Kota Gorontalo.

Ilustrasi

“Rusunawa MBR Kota Gorontalo memiliki kapasitas hunian sebanyak 90 unit setinggi empat lantai. Kami juga telah melengkapi setiap unit hunian dengan meubulair berupa tempat tidur, meja kursi lemari serta ruangan mushola dan mini market. Kami harap masyarakat bisa tinggal dengan nyaman di Rusunawa ini dengan biaya sewa yang terjangkau,” katanya.

Sebagai informasi, pada tahun 2020 ini, SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo telah melaksanakan revitalisasi Rusunawa MBR Kota Gorontalo dengan anggaran sebesar Rp 1,74 Miliar.

Anggaran tersebut digunakan untuk melaksanakan kegiatan perawatan dan perbaikan pekerjaan arsitektur, mekanikal dan elektrikal serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di setiap lantai dan bagian luar Rusunawa juga telah dilengkapi dengan kamera pengawas atau CCTV.

“Kami harap ke depan Pemkot Gorontalo bisa segera membentuk tim pengelola Rusunawa yang baik untuk mengkoordinir penghuni. Kami juga meminta kepada penghuni Rusunawa untuk dapat tinggal dan menjaga fasilitas-fasilitas yang ada dengan baik dan dapat berfungsi maksimal dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, saat ini dengan jumlah penduduk di Kota Gorontalo tergolong tinggi sehingga membutuhkan program perumahan layak huni bagi masyarakat khususnya bagi kalangan MBR.

Hal itu dikarenakan mereka memiliki keterbatasan kemampuan untuk membeli rumah layak.

“Pemkot Gorontalo mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah mengupayakan bantuan Pembangunan Rusunawa bagi masyarakat. Selain itu dengan tinggal di Rusunawa ini masyarakat yang dulu tinggal di kawasan kumuh kini bisa menempati hunian yang nyaman, sehat dan layak huni,” katanya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

UU MD3 Aksi Kudeta Elite Politik

JAKARTA-Pengamat politik Fachry Aly menilai polemik UU MD3 sebagai langkah kudeta

Sekitar 30% Kades Tak Mau Calonkan Lagi

JAKARTA-Banyak kepala desa (kades) ternyata tak mau lagi menjabat kedua