Kepala BTNK: Tak Ada Illegal Fishing di Taman Nasional Komodo

Saturday 28 Apr 2018, 2 : 29 am
by

Dijelaskan Budhy, kerusakan pernah terjadi 15 tahun yang lalu di titik Papagarang. Hal tersebut terjadi karena saat itu masyarakat belum mengenal konservasi serta pemanfaatan hasil laut. Namun, 10 tahun belakang, hal itu sudah tidak lagi terjadi. Pulau Komodo terjaga dengan baik. Seiring perkembangan pariwisata yang pesat di Pulau Komodo.

“Tahun ini akan ada transplantasi karang di Papagarang. Secara ekosistem, kita masih melakukan kajian untuk melakukan transplantasi yang sifatnya time series. Dan kita akan terus monitoring lagi untuk melihat perubahan tersebut. Dan sekarang bisa dilihat perubahannya. Kondisi koral di TNK itu 80% baik,” ujarnya.

Indikator perubahan juga ditunjukan dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke TNK setiap tahunnya.

“Indikatornya, jumlah wisatawan meningkat, terlebih tiga tahun ini, dan grafiknya naik terus,” katanya.

Saat ini, Balai TNK sedang melakukan pembenahan manajemen kawasan. Instrumen regulasi telah disiapkan untuk membuat daya dukung dan daya tampung atau carrying capacity. Regulasi ini akan diberlakukan di laut dan darat.

“Nantinya bakal muncul batas maksimum toleransi wisatawan yang bisa menikmati objek daya tarik wisata itu. Dan itu sedang kita buat, mudah-mudahan Agustus sudah kita informasikan semuanya. Walupun implementasinya kita masih perlu sistem secara online. Itu menjadi pembenahan kami. Supaya teman-teman tahu kalo kita sedang lakukan itu. Dan kita bisa memastikan bahwa semuanya itu lestari,” ujarnya.

Setelah regulasi berjalan, menurut Budhy, nantinya semua akan memberikan manfaat. Tidak hanya bagi taman nasional, tetapi juga bagi industri pariwisata.

“Nantinya perhari, hasil kajian kami yang dibantu WWF di 11 dive spot yang ada di sini nanti ada pembatasan maksimum penyelam. Juga termasuk kapal yang mendatangi objek wisata itu nantinya dibatasi,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Suara Uskup Tanjung Karang Bernilai Rp 50 Juta

JAKARTA-Demi pembangunan renovasi Gua “Maria Bunda Segala Bangsa” Padang Bulan,

Kadin: Ambisi Bangkitkan Ekonomi Harus Diawali Perbaikan Aspek Kesehatan

JAKARTA-Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendesak pemerintah untuk lebih