Ketua DPD PAN Mabar Terpilih Ikuti Program IVLP AS

Thursday 9 Sep 2021, 3 : 17 pm
by
Ketua DPD PAN Mabar, Marselinus Jeramun, SE Bersama Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

LABUAN BAJO-Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat (Mabar), Marselinus Jeramun, SE terpilih menjadi salah satu dari 14 peserta yang akan mengikuti program International Visitor Leadership Program (IVLP) 2021.

Program ini diprakarsai pemerintah Amerika Serikat.

Mengutip laman Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, IVLP adalah program utama pertukaran profesional yang diselenggarakan Department of State (DoS) sejak 1940 silam.

Melalui kunjungan singkat ke USA, para pesertanya akan berdiskusi langsung dengan counterparts (red_rekan profesional dan perwakilan organisasi sektor publik).

Indonesia telah berpartisipasi dalam program ini mulai 1952.

“Betul, Rabu (8/9) kemarin, saya medapat telepon dari Konsulat Amerika Serikat di Surabaya dan memastikan bahwa saya terpilih menjadi salah satu peserta IVLP tahun 2021. Saya tentu senang dan akan memanfaatkan kesempatan berharga ini untuk mengembangkan diri terutama dalam upaya untuk menjadi pelayan publik yang baik,” kata Jeramun penuh antusias.

Program IVLP ini akan berlangsung selama 23 hari.

Ketua DPD PAN Mabar ini menjelaskan, program IVLP kali ini berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Kalau tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini diadakan di USA, namun tahun 2021 ini akan diadakan secara daring.

“Saya diberitahu bahwa kegiatan IVLP akan dimulai pada tanggal 30 September secara virtual/daring dan berakhir hingga tanggal 22 Oktober. Dan selama tiga pekan, saya akan   bergabung dengan forum diskusi yang peserta diskusinya berasal dari manca negara.  Tentunya hal tersebut menjadi kesempatan emas saya sebagai salah seorang Anggota DPRD untuk belajar banyak hal,”  ujar politisi PAN ini.

Dia menjelaskan banyak hal yang akan dipelajari dalam kegiatan IVLP tersebut.

Selain materi tentang tata kelola pemerintahan, juga tentang kondisi organisasi masyarakat (ormas), investasi, dan sebagainya termasuk pariwisata.

“Saya akan fokus pada isu pariwisata dan lingkungan hidup sesuai denganm kondisi eksisting Manggarai Barat. Mudah-mudahan, ada benefit dari kegiatan ini untuk Mabar secara keseluruhan” tegas Jeramun  sembari menambahkan, IVLP memberi ruang bagi para peserta untuk menyampaikan potensi daerah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jasuindo Tiga Perkasa Bagi Dividen Interim Rp15 per Saham pada 30 November 2023

JAKARTA-PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) berencana membagikan dividen interim

Ayah Predator GRT Berharta Rp 11 Miliar

JAKARTA-Ayah predator Gregorius Ronald Tannur (GRT), Edward Tannur, ternyata memiliki