KIB Prioritaskan Airlangga, Pengamat: Sosok Berkinerja Cemerlang

Kamis 1 Des 2022, 7 : 11 pm
Para petinggi KIB usai menggelar pertemuan di Restoran Bunga Rampai, Jalan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat/Foto: Humas Golkar

“Saya secara objektif, KIB ujungnya bukan ketiga ketum ini tetapi ujungnya ada pada tangan Jokowi. Tentang pujian Zulhas tadi itu positif dan bagus, namun saya melihat KIB itu milik Jokowi dan Airlangga ketika ultah Golkar bilang soal capres menunggu arahan Jokowi,” imbuh Ujang.

Para ketua umum parpol tergabung KIB hadir dalam HUT Golkar ke 58/Foto: Humas Golkar

Pertanda Solid

Sementara itu, Pakar komunikasi politik dari Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo menilai pernyataan Zulhas tersebut bisa menjadi petanda kesolidan KIB.

Menurutnya, selama ini narasi pencalonan Pilpres 2024 hanya didominasi oleh tiga sosok yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

KIB dinilai mampu memenangi suara dengan catatan bisa semakin menyolidkan barisan dan memaksimalkan kerja mesin politik.

“Saya kira memang dalam situasi ini terjadi semacam pusaran berkutat hanya pada Prabowo, Ganjar, Anies, KIB belum muncul. Tapi sebetulnya kalau melihat secara organisasi, sepanjang KIB solid, maka dia berpotensi menguasai suara. Tentu saja KIB harus solid dan menjalankan roda partainya,” terangnya.

Suko menambahkan selama ini perdebatan bursa capres sebagian besar berputar di media sosial dan pemberitaan, padahal pemenangan Pilpres 2024 bertumpu pada kekuatan jaringan.

Oleh sebab itu, KIB mempunyai modal besar berupa mesin politik dari tiga anggota koalisi. KIB patutnya bisa memanfaatkan dan memaksimalkan jejaring-jejaring politik itu secara nyata.

“Selama ini, yang lain lebih banyak pada semacam kuat pada media saja, tetapi pilpres nanti kan kekuatan senjatanya pada jaringan. Kalau KIB bisa memanfaatkan jaringannya, kadernya secara maksimal,” tegasnya.

Saat ini, pertarungan bursa capres dinilai masih sebatas wacana.

Oleh sebab itu, terbuka kesempatan besar bagi KIB untuk memanfaatkan kondisi tersebut dengan bertindak secara nyata.

“Di tengah pertempuran yang semuanya masih imajinasi menurut saya, sebenarnya KIB bisa bertindak nyata dengan cepat,” pungkasnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Resmi Diteken, Kini Investor Dapat Pilih Bentuk Kontrak Migas

JAKARTA-Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara

OJK Luncurkan Buku Mengenal Jasa Keuangan Tingkat SD

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan buku Mengenal Jasa Keuangan untuk