Kinerja Cemerlang, Harga Saham PGEO Sentuh All Time High

Tuesday 15 Aug 2023, 4 : 57 pm
ILUSTRASI

JAKARTA-PT Pertamina Geothermal Energy (PGEO) (IDX: PGEO) mencatatkan kinerja saham positif setelah mengumumkan kinerja cemerlang sepanjang semester I-2023.

Pada penutupan perdagangan Jumat (11/8), saham PGEO ditutup menguat 3,85% ke Rp 945/saham.

Meski demikian, pada perdagangan intraday saham PGEO sempat menyentuh level Rp 1.045/saham.

Industry Strategist Maybank Indonesia Myrdal Gunarto menyatakan bahwa kenaikan harga saham PGEO merupakan bentuk ketertarikan investor kepada Perseroan yang menjadi penyedia energi dengan fokus pada energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan futuristic.

“Kenaikan harga PGEO yang menuju harga Rp1,000 pada akhir pekan lalu merefleksikan kenaikan permintaan investor yang melihat kombinasi menarik dari fundamental solid dan tren kebangkitan harga energi global,” jelasnya.

Harga penutupan tersebut merupakan rekor harga saham tertinggi (all time high) PGEO sejak pertama kali melantai di Bursa Efek Indonesia.

Sebelumnya, rekor tertinggi saham PGEO dicatatkan pada awal Juni silam yang ditutup di harga Rp 925/saham.

Harga saham PGEO tersebut 8% lebih tinggi dari harga IPO awal Februari yang ditawarkan di Rp 875/saham.

Sementara itu dari posisi terendah awal April lalu, saham PGEO telah mengalami rebound dan menguat 54%.

Kinerja cemerlang saham PGEO sejalan dengan torehan kinerja keuangan fantastis yang dicatatkan perusahaan.

Dalam 6 bulan pertama tahun ini, PGEO mencatatkan kenaikan laba 30,1% menjadi $ 92,7 juta.

Tak kalah impresif, kinerja top line perusahaan juga terdongkrak 12% (yoy) menjadi US$ 206,73 juta dibandingkan dengan periode sebelumnya yang tercatat sebesar US$ 184,73 juta.

Kondisi keuangan yang sehat tersebut juga menjadi alasan bagi sejumlah analis untuk merekomendasikan saham PGEO dengan rekomendasi beli.

Setidaknya ada empat analis dari sekuritas ternama RI yang memberikan rekomendasi tersebut yakni Mandiri Sekuritas dengan target harga Rp 1.200/saham, BRI Danareksa Rp 1.050/saham, Bahana Sekuritas di harga Rp 1.090/saham, dan Yuanta Investment dengan target harga Rp 970/saham.

Keempat target harga tersebut memberikan indikasi potensi kenaikan harga saham PGEO di kisaran 11% hingga 27%.

Myrdal menyampaikan fundamental perseroan terlihat menarik hingga periode 2Q23 yang menunjukkan performa profitabilitas solid dengan pertumbuhan aset yang baik dan kebijakan pembiayaan yang relatif sehat dengan fokus pada jangka panjang.

“Prospek kenaikan harga saham PGEO tahun ini berpotensi melebihi 10% karena kinerja perusahaan yang solid disertakan dengan permintaan energi ramah lingkungan yang terus meningkat. Ditambah kemungkinan perubahan arah kebijakan moneter the Fed dari kenaikan suku bunga menuju stabilitas atau bahkan penurunan suku bunga ini bisa mendatangkan arus masuk investasi di pasar saham,” lanjut Myrdal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perkuat Literasi, Holding BUMN IFG Dirikan Think Tank Jasa Keuangan

JAKARTA-Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor perasuransian, penjaminan

Benahi BHP Frekuensi Agar Utang Rp2 Triliun Bisa Ditagih

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dinilai lemah, alias tidak serius