Laba Bersih Naik 28,15%,  Darmadi Durianto: BTN Berhasil  Manfaatkan Peluang

Monday 8 May 2023, 7 : 06 pm

JAKARTA- Pada tahun 2022, Bank BTN mencatatkan laba bersih sebesar Rp 3,04 triliun atau tumbuh 28,15% dibandingkan periode tahun sebelumnya yang hanya Rp 2,37 triliun.

Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto mengatakan, peningkatan perolehan laba bersih yang berhasil didapatkan Bank BTN layak diberikan apresiasi.

Sebab, menurutnya, tidaklah mudah meraih laba bersih di tengah berbagai sektor ekonomi mengalami pelambatan termasuk sektor property yang merupakan bisnis andalan Bank BTN selama ini.

“BTN berhasil mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang. Perolehan laba bersih Bank BTN sebesar Rp 3,04 triliun atau tumbuh 28,15% pada tahun 2022 cukup memuaskan dan patut diapresiasi. Kita tahu banyak sektor bisnis terpukul imbas ketidakpastian ekonomi global dan pasca pandemi covid-19 di mana sektor-sektor bisnis baru memulai bangkit termasuk bisnis property. Tentu tantangan yang dihadapi pun tak mudah. Dan meraih laba bersih di satu sisi di tengah beragam tantangan tadi merupakan capaian yang patut diapresiasi,” ujar Politikus PDIP itu kepada wartawan usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) di kompleks DPR Jakarta, Senin (8/04/2023).

Menurutnya, bisnis inti yang digarap BTN yakni KPR memiliki prospek yang cukup bagus ke depannya.

“BTN mesti memanfaatkan peluang ini karena pertumbuhan atau permintaan akan KPR cukup tinggi dan BTN juga mesti mencermati beragam tantangan ke depannya termasuk soal pembiayaan perumahan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Darmadi juga memuji pertumbuhan aset Bank BTN yang cukup signifikan.

“Total aset Bank BTN per 2022 mencapai Rp 402,18 triliun atau tumbuh 8,14%. Angka pertumbuhan aset yang cukup menggembirakan. Patut diapresiasi,” ucap Bendahara Megawati Institute itu.

Darmadi juga menilai, meningkatnya pertumbuhan kredit yang disalurkan Bank BTN menunjukkan bahwa geliat ekonomi masyarakat mulai pulih.

“Penyaluran kredit Bank BTN yang mencapai Rp 298,2 triliun atau tumbuh 8,53% mengindikasikan bahwa perekonomian masyarakat mulai pulih dan berputar kembali roda ekonominya. Bank BTN sebagai agen penggerak perekonomian bangsa dan negara saya kira cukup membanggakan ketika penyaluran kreditnya terus tumbuh,” ucapnya.

Tak hanya itu, Darmadi juga menilai, kredibilitas Bank BTN sebagai lembaga penghimpun keuangan masyarakat juga tak perlu diragukan lagi.

“Buktinya Bank BTN mampu menghimpun dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp 321,93 triliun atau tumbuh 8,77%, capaian atau prosentase pertumbuhan DPK itu kan mencerminkan adanya kepercayaan tinggi dari publik. Ditambah rasio CASA yang mencapai 48,52% tentu sangat menggembirakan,” tandasnya.

Terakhir, Darmadi juga memuji capaian Bank BTN yang mampu menyediakan jutaan hunian subsidi bagi warga masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah.

“Kita bangga di mana BTN telah menyalurkan KPR subsidi sebanyak 3,9 juta rumah atau setara dengan menyediakan akses perumahan bagi 16 juta keluarga Indonesia. Sekali lagi berbagai capaian yang berhasil mereka raih patut kita apresiasi,” pungkas Darmadi.

Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan jajaran Komisi VI DPR RI, Selasa (28/03/2023) Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, di tengah kondisi yang menantang, BTN masih mampu mencatatkan kinerja yang baik.

Nixon memaparkan, total aset BTN per 2022 mencapai Rp 402,18 triliun atau tumbuh 8,14%. Lalu penyaluran kredit Rp 298,2 triliun atau tumbuh 8,53%.

Kemudian DPK mencapai Rp 321,93 triliun atau tumbuh 8,77%.

Selanjutnya rasio cASA tercatat 48,52%.

“Perolehan laba bersih tercatat Rp 3,04 triliun atau tumbuh 28,15% dibandingkan periode tahun sebelumnya Rp2,37 triliun,” ujar dia.

“Hingga Desember 2022, BTN telah menyalurkan KPR subsidi sebanyak 3,9 juta rumah atau setara dengan menyediakan akses perumahan bagi 16 juta keluarga Indonesia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Maya Agrevina Ajak Generasi Millenial Indonesia “Melek Politik”

DENPASAR-Banyak Generasi Millenial enggan untuk terjun berkarier di dunia politik

Dukung The Color Run™, CIMB Niaga Tawarkan Promo Menarik

JAKARTA-Bank CIMB Niaga menawarkan program dan promo menarik, sebagai bagian