Labuan Bajo Menjadi Destinasi Wisata Favorit Libur Lebaran 2024

Wednesday 10 Apr 2024, 12 : 55 am
Salah satu keindahan panorama alam di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

LABUAN BAJO – Kota Labuan Bajo Manggarai Barat, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi destinasi wisata favorit sebagian masyarakat Indonesia untuk menghabiskan libur panjang lebaran selama 3 tahun terakhir, termasuk lebaran 2024.

Ini terlihat dari meningkatnya jumlah penumpang yang tiba di Bandar Udara Internasional Komodo.

Berdasarkan data di Posko Lebaran 2024 di Ruang Kedatangan Bandara Komodo, jumlah penumpang yang masuk ke Labuan Bajo melalui Bandara Komodo mengalami peningkatan sebanyak 29% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Labuan Bajo selama tiga tahun terakhir telah menjadi destinasi favorit untuk berlibur selama musim libur Lebaran. Labuan Bajo bukanlah destinasi yang dituju untuk mudik Lebaran, melainkan untuk wisatawan yang mengambil cuti bersamaan dengan perayaan Idul Fitri,” kata Plt Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Frans Teguh, Selasa (9/4/2024)

Karena itu, Frans mengatakan berbagai persiapan dilakukan oleh sejumlah otoritas di Labuan Bajo dan Manggarai Barat untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat serta wisatawan yang akan berkunjung selama musim libur Lebaran.

“Kami mendirikan posko libur Lebaran di beberapa titik lokasi di Labuan Bajo,” tambah Frans.

Posko tersebut terletak di Ruang Kedatangan Bandara Komodo, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo, dan Terminal Multipurpose Wae Kelambu – Pelindo.

Di pos-pos tersebut disediakan update harian tentang informasi cuaca dari BMKG.

Peningkatan ini diantisipasi dengan meningkatkan layanan Damri dari Bandara Komodo Labuan Bajo ke beberapa titik dalam kota Labuan Bajo.

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) menyediakan Posko Pelayanan Wisata di beberapa titik dalam Kawasan Taman Nasional Komodo untuk memastikan kelancaran aktivitas wisatawan.

Telkomsel Manggarai Barat memperkuat jaringan komunikasi di beberapa titik yang belum terjangkau, sementara BPOLBF bersama dengan berbagai otoritas terkait meluncurkan Tourism Information Center (TIC) di empat lokasi berbeda, baik secara digital maupun offline.

Untuk pengamanan, Polres Manggarai Barat juga mengadakan Operasi Ketupat untuk menjamin keamanan selama perayaan Idul Fitri.

Lebih dari 200 personel gabungan dari berbagai instansi terlibat dalam operasi tersebut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

ISKA: Pancasila Sudah Sakti Sejak Lahir

JAKARTA-Pancasila sudah sakti sejak kelahirannya. Jika dalam perjalanan bangsa dan

Bara Aksi Demo Soal BOP, Uu Saeful Mikdar Bilang Begini

BEKASI – Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Barisan Mahasiswa Bekasi (Bara Aksi)