Lantik Pengurus DPD HKTI Papua, Moeldoko: Saya Siap Memperjuangkan Aspirasi Petani di Papua

Saturday 23 Jul 2022, 11 : 01 am
by
Ketua Umum DPP HKTI Jenderal TNI (Purn) Dr.Moeldoko berphoto besama Pengurus DPD HKTI Papua di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (22/07/2022).

JAKARTA-Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko berpesan kepada DPD HKTI Provinsi Papua agar dapat membantu pemerintah  dalam mengatasi ancaman krisis pangan global.

Hal ini penting mengingat ancaman krisis pangan bukan isapan jempol.

Pesan ini disampaikan Moeldoko saat melantik pengurus DPD HKTI Provinsi Papua untuk masa bakti lima tahun  di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (22/07/2022).

Pelantikan DPD HKTI ini memang sempat tertunda lantaran Covid-19 melanda seluruh wilayah Indonesia.

“Selamat menjalankan tugas kepada pengurus baru DPD Provinsi Papua,” ujarnya.

Moeldoko berpesan DPD HKTI Provinsi Papua dapat membantu pemerintah  dalam mengatasi ancaman Krisis pangan global.

Sebab, ancaman krisis pangan bukan isapan jempol.

Karena sudah ada  negara yang mengalami kesulitan  seperti Sri Lanka dan tidak menutup kemungkinan, jika kondisi ini dibiarkan banyak negara yang akan menyusul Sri Lanka

“Mari kita  fokus ke pertanian. Tidak boleh kita nanti-nanti saja, jangan lagi berbicara Belanda masih jauh, sekarang saatnya bergerak. Saya titipkan kepada Pak Peter dan seluruh jajarannya, saya yakin HKTI Papua dapat berperan dengan baik, itu harapan saya mari kita semuanya mendukung,” kata Moeldoko saat menyampaikan sambutannya.

Menurut Mantan Panglima TNI ini, Papua memiliki potensi untuk menjadikan sektor pertanian sebagai kekuatan  dalam menggerakan roda perekonomian daerah.

Namun, Moeldoko mengingatkan dibalik potensi ada tantangan yang dihadapi.

Oleh karena itu, tantangan-tantangan tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pengurus DPD HKTI Provinsi Papua.

“Di Papua ini potensinya luar biasa tetapi belum bisa mengatasi tantangan. Kenapa tidak bisa mengatasi tantangan, bisa jadi karena  belum cukupnya pengalaman dalam mengelola pertanian atau bisa juga kurangnya keberpihakan pemerintah kepada petani. Saat ini saya lantik Ketua DPD HKTI Papua dan saya berharap beliau bisa menyelesaikan tantangan ini,” ujar Moeldoko.

Pada kesempatan ini, Moeldoko menyatakan kesiapannya untuk membantu memperjuangkan aspirasi para petani di Papua.

Karena itu, Ketua DPD HKTI Papua dapat melakukan konsolidasi hingga ke tingkat gapoktan (Gabungan Kelompok Tani)

“Kita semuanya siap memberikan dukungan, jangan ragu-ragu Pak Peter, anda bisa mengkonsolidasikan seluruh unsur sampai ke gapoktan. Gapoktan nanti membuat RDKK, saya selaku Ketua Umum akan terlibat, mengintervensi sampai ke Kementerian Pertanian,” tegas Moeldoko.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua DPD HKTI Provinsi Papua Piter Gusbager menyampaikan sejumlah program, diantaranya  akan membangun sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas di sektor pertanian.

Hal tersebut didukung dengan latar belakang masyarakat Papua yang 60 persen adalah petani.

“Pelantikan hari ini,  bukan hanya untuk menghidupkan kembali kevakuman, bukan hanya menjadi agenda konsolidasi organisasi Tetapi lebih dari itu Papua benar-benar menjalankan misi besar Organisasi mewujudkan human capital sumber daya manusia untuk pertanian, untuk petani yang lebih maju, petani yang lebih modern, petani yang makmur dan sejahtera,” kata Bupati Keerom ini.

 

Peter mengakui Papua memiliki potensi pertanian yang tidak kalah dengan daerah lain.

Lahan yang ada di Papua sangat mendukung produksi komoditas pertanian, bahkan Papua layak dijadikan lumbung pangan nasional.

“Setiap daerah di Papua memiliki potensi yang besar contohnya di daerah Keerom,  hari ini kita sedang menggalakkan perkebunan jagung investasi 20000 hektar,  awal ini kita akan buka 10000 hektar didukung oleh Presiden akan menjadi cikal cikal bakal ketahanan pangan nasional lumbung jagung nasional di wilayah timur Indonesia,” tutur Piter.

Pelantikan pengurus DPD HKTI Provinsi Papua ini ditandai dengan pembacaan naskah pelantikan oleh Ketua Umum DPD HKTI dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera Pataka.

Setelah itu, Ketua DPD HKTI Provinsi Papua membacakan ikrar dan diikuti oleh jajaran pengurus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Tata Ulang Pasar Raya Amahami, Omzet Pedagang Naik 2 Kali Lipat

BIMA-Presiden Joko Widodo terus membangun infrastruktur perdagangan. Kali ini, Presiden

Bunga, Melawan Kekerasan Dengan Bahasa Kelembutan

Oleh: Rm Yohanes Kristo Tara, OFM Tahun 1974 pernah terjadi