Lebih dari 300 ribu Anak di Kota Surabaya akan Diimunisasi Polio

Monday 12 Feb 2024, 10 : 58 pm

SURABAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera melaksanakan  Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran kedua pada 19 -25  Februari 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, Sub PIN Polio putaran kedua digelar serentak di 31 kecamatan dengan jumlah anak penerima imunisasi  usia 0 sampai dengan 8 tahun kurang satu hari sebanyak 329.616 anak.

“Kami juga berkoordinasi dengan pihak swasta, termasuk CSR, dalam menghimpun dukungan sentra pelayanan imunisasi di TTU (tempat-tempat umum). Selain itu juga termasuk sarana rekreasi dan hiburan keluarga di Kota Surabaya,” kata Nanik.

Sebelum dimulai, Dinkes Surabaya telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari sosialisasi dan koordinasi dengan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Berdasarkan surat edaran (SE) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nomor: 400.7.7.2/2763/436.7.2/2024, Sub PIN Polio putaran kedua akan digelar selama seminggu, sampai dengan 25 Februari 2024.

Nanik mengungkapkan, sebelum pelaksanaan Sub PIN Polio putaran kedua dimulai, Dinkes Surabaya telah melakukan advokasi dengan jajaran perangkat daerah (PD) di lingkungan pemkot, salah satunya dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya.

Selain itu, juga berkoordinasi dengan organisasi profesi (OP) kesehatan, organisasi masyarakat (Ormas), Bunda PAUD dan TK untuk penyelenggaraan pos Sub PIN Polio berbasis sekolah maupun non sekolah serta penggerakan sasaran.

Agar pendataan Sub PIN Polio putaran kedua berjalan sesuai target sasaran, Nanik menyampaikan, Dinkes Surabaya telah mengoptimalisasi pencatatan dan pelaporan kegiatan Sub PIN Polio melalui aplikasi Pemantauan Wilayah Setempat (PWS).

“Kami turut menggiatkan upaya promosi dan edukasi secara masif, terkait pelaksanaan Sub PIN Polio Putaran kedua di Kota Surabaya,” sampainya.

Ia menjelaskan, dalam penyelenggaraan kegiatan Sub PIN Polio putaran kedua nanti, pemkot akan melibatkan berbagai unsur secara kolaboratif dan integratif.

Mulai dari menggerakkan jajaran PD terkait sampai ke unit terkecil seperti di kecamatan, kelurahan dan RT/RW.

Selain itu, pemkot turut berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri, mitra swasta, ormas, Tim Penggerak (TP) PKK, Kader Surabaya Hebat (KSH), tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta civitas akademika.

Dirinya berharap, pelaksanaan program kegiatan Sub PIN Polio putaran kedua mendatang diharapkan dapat berjalan baik dengan cakupan yang optimal.

Dengan begitu, maka akan terbentuk kekebalan komunitas (herd immunity) anak terhadap transmisi Polio di Kota Surabaya sehingga Indonesia terbebas Polio.

“Pelaksanaan sosialisasi sudah mulai dilaksanakan pada Minggu kedua bulan Februari 2024 dan akan dikuatkan secara masif mulai minggu ketiga bulan Februari 2024,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Asset Management Luncurkan Reksa Dana Indeks Baru

JAKARTA-BNI Asset Management (BNIAM) siap meluncurkan produk reksa dana indeks

Mahalnya Tiket Pesawat, BPS: Ancaman Inflasi Akhir 2019

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) menegaskan pemicu tekanan inflasi disebabkan oleh