Walikota Surabaya Imbau Warga Waspada Gempa

Friday 22 Mar 2024, 7 : 52 pm
Gedung utama kantor pusat Petrokimia di Jalan Ahmad Yani no 1 Gresik mengalami retak panjang bagian depan dekat pintu masuk, Jumat (22/3/2024) diduga akibat guncangan gempa Tuban. Foto : beritamoneter

 SURABAYA – Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengaku belum menerima laporan mengenai kerusakan akibat dampak gempa  yang  berpusat di laut Tuban dengan titik episentrum 5.74 LS dan 112.32 BT dengan kedalaman 10 Km.

Eri Cahyadi mengaku sudah menginstruksikan kepada seluruh Lurah dan Camat untuk mengecek kondisi di wilayah masing-masing.

Namun gempa susulan yang terjadi pada Jumat (22/3/2024) sore,  berkekuatan magnitude 6,5 terasa cukup kencang sehingga mengakibatkan kerusakan.

Dari Kota Gresik dilaporkan gedung utama kantor pusat Petrokimia di Jalan Ahmad Yani no 1 Gresik mengalami retak panjang bagian depan dekat pintu masuk.

Di Surabaya juga demikian. Sejumlah bangunan warga di  kawasan Tambak Adi, Tambak Asri, Ngaglik, dan Tanjung Perak Surabaya dilaporkan rusak.

Petugas dari BPBD kota tengah melakukan inventarisasi bangunan-bangunan yang rusak sebagai dampak gempa.

Walikota meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan harus peka terhadap signal-signal bahaya karena kondisi belum stabil dan potensi gempa bumi yang bisa terjadi kapan saja.

“Sehingga jangan sampai terlambat ketika ada gempa. Jika merasakan gempa  segera keluar dari rumah atau gedung untuk menghindari terjadinya korban jiwa ,” ujar Eri.

Sementara itu, berdasarkan laporan Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa tercatat berada di lokasi 132 km TimurLaut Tuban-Jatim, 152 km TimurLaut Rembang-Jateng, 153 km BaratLaut Lamongan-Jatim, dan 175 km BaratLaut Surabaya-Jatim.

Berdasarkan analisis dari BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempab umi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

12 Kampus Terbaik, ITB Peringkat Satu

JAKARTA-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan sebanyak 12

Pemerintah Bakal Terbebani Bayar Utang Rp1.000 Triliun per Tahun

JAKARTA-Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF),