Soroti Merebaknya Penyakit, Anas Thahir: Genjot Imunisasi dan Vaksinasi ke Seluruh Daerah

Sunday 26 Feb 2023, 8 : 13 pm
ANAS THAHIR

BANYUWANGI-Merebaknya kasus penyakit campak di Provinsi Papua Tengah menjadi sorotan masyarakat.

Apalagi ada sekitar 49 anak dinyatakan positif campak dan 2 anak suspek campak meninggal dunia, sehingga hal ini harus menjadi perhatian serius pemerintah.

“Peningkatan sejumlah kasus penyakit yang terjadi di beberapa daerah seharusnya bisa dicegah dengan imunisasi yang maksimal,” kata Anggota MPR RI, Anas Thahir dalam kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Banyuwangi, Minggu (26/2/2023).

Tak hanya di Papua Tengah, kata Anggota Fraksi PPP, bahkan saat yang bersamaan juga terjadi kejadian luar biasa (KLB) serangan penyakit Difteri di Kabupaten Garut.

Dimana telah dilaporkan ada 7 kasus meninggal yang diantaranya memiliki hubungan epidemiologi pada wilayah KLB.

Legislator dari Dapil Jawa Timur III itu menjelaskan bahwa temuan kasus Difteri di Kabupaten Garut dan kasus Campak di Papua Tengah menunjukkan bahwa cakupan imunisasi selama ini masih rendah.

“Oleh karena itu program percepatan vaksinasi harus segera digalakkan terutama di daerah yang ditetapkan KLB dan sekitarnya,” terangnya lagi.

Menurut Anas, terjadinya peningkatan sejumlah kasus penyakit harus segera direspon dengan program imunisasi dan vaksinasi secara merata dan maksimal ke seluruh daerah di tanah air.

“Pandemi Covid 19 telah berdampak pada terlantarnya beberapa program kesehatan esensial masyarakat,” tegas Mantan Wakil Sekjen PBNU.

Anggota Komisi IX DPR itu menekankan bahwa seharusnya hal ini tidak perlu terjadi.

“Apalagi sekarang pandemi sudah mereda, jangan ditunda-tunda lagi, cakupan imunisasi rutin kita harus segera digenjot secara maksimal disertai dengan penanganan dan pencegahan peningkatan kasus KLB secara massif,” pungkasnya***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tiga Pakaian Adat Bertemu: Pangdam Mulawarman Saksikan Penyerahan “Masyarakat Pancasila”

LONG BAGUN-Buku Masyarakat Pancasila yang ditulis oleh Sesepuh TNI, Letjen
sepanjang periode Januari-September 2021, perseroan berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 35,32 persen (y-o-y) menjadi Rp1,52 triliun.

Bank BTN Bagikan Dividen Rp 700,2 Miliar

JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank