Lewat Wadah Des Ganjar, Para Kepala Desa Siap Sukseskan Kemenangan Ganjar-Mahfud MD di NTB

Monday 6 Nov 2023, 7 : 39 am
by
Kepala desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD lewat wadah Des Ganjar, Minggu (5/11)

MATARAM-Kepala Desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD lewat wadah Des Ganjar.

Deklarasi disampaikan di hadapan Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto dan Ketua DPD PDIP NTB Rachmat Hidayat, usai pelaksanaan Rakorda PDIP NTB di Kota Mataram, Minggu (5/11/2023).

Sebelum deklarasi, sempat dilakukan dialog diantara para kepala desa dengan Hasto.

Para kepala desa mempertanyakan komitmen terhadap desa dan para kepala desa tersebut.

Hasto menyebut PDIP sebenarnya parpol yang terus konsisten memperjuangkan nasib desa menjadi lebih baik, karena hal itu sesuai dengan cita-cita politik Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Hasto bahkan menyebut Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dari PDIP pernah membahas isu Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat.

“Ketika PDI Perjuangan mengusulkan di dalam Rapat Kerja Nasional, kesadaran yang dibangun sejak zaman Bung Karno adalah bahwa desa kuat, Indonesia maju dan berdaulat dan itu kami telah bahas di dalam rakernas sebelumnya, Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat, karena kami tahu bahwa ketika kita berbicara tentang kedaulatan negara, itu dimulai dari desa, ketika kita berbicara tentang keamanan negara, itu dimulai dari keamanan desa. Ketika kita berbicara tentang masyarakat adil dan makmur, itu juga dari desa. Oleh karena itu, desa menjadi benteng di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita,” kata Hasto.

Hasto mengatakan langkah PDIP yang konsisten memperjuangkan nasib desa menjadi lebih baik, bukan demi kepentingan politik praktis agar rakyat memilih Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024.

“Ini sekali lagi bukan demi kepentinngan elektoral, bapak mendukung pak Ganjar atau Prof Mahfud, bapak mendukung PDIP atau tidak, kami tetap akan memperjuangkan desa,” kata pria kelahiran Yogyakarta itu.

Hasto mengatakan PDIP sadar desa menjadi benteng budaya, sehingga partai berkelir merah berkewajiban mengembangkan satuan wilayah pemerintahan tersebut.

“Ini harus menjadi kesadaran kita, karena desa menjadi benteng budaya, kita lihat ada tarian yang baik, ada rumah adat di desa, ada budaya, budi pekerti yang hidup di desa, tradisi gotong royong yang hidup di desa, justru yang sering melupakan itu yg ada di elite itu. Melupakan gotong royong, melupakan kekuasaan ini hanya amanah,” kata Hasto.

“Falsafah muncul dari desa. Falsafah tentang merawat Pertiwi, falsafah tentang menjaga keseimbang, juga tentang kuliner sehat bagi rakyat, itu ada di desa. Maka, Desa Kuat, Indonesia Maju dan Bermartabat. Itu tema Rakernas PDIP,” kata Hasto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Gojek akan memiliki 52 persen saham, sementara Tokopedia akan memiliki 48 persen saham. Gojek dan Tokopedia membentuk Go To sebagai holdingnya.

Kantong Pemerintah Kering Kerontang

Oleh: Salamuddin Daeng BATUBARA telah menjadi penopang utama Pemerintahan Jokowi

Divestasi 51% Saham Freeport Lewat Aksi Corporasi

JAKARTA-Pengambilan saham divestasi PT Freeport Indonesia dilakukan melalui mekanisme korporasi.