Majikan Adelia Bebas, JBMI: Ini Bukti Perbudakan Modern Dilegalkan Pemerintah Malaysia

Monday 29 Apr 2019, 12 : 35 pm
by

Seperti buruh migran lainnya, Adelina juga korban pemiskinan, sulitnya lapangan kerja dan harga kebutuhan yang terus melambung di dalam negeri.

Buruknya sistem penyebaran informasi dan perekrutan serta praktek korupsi menyebabkan perempuan-perempuan muda seperti Adelina rentan terjebak ke sindikat perdagangan manusia bahkan narkoba.

Selain itu, minimnya pelayanan diluar negeri menyebabkan banyak korban sulit mendapatkan pertolongan ketika membutuhkan, termasuk ketika buruh migran sudah ditangkap dan dipenjara. Namun ironisnya ketika pemilu, buruh migran baik berdokumen atau tidak berdokumen digerakkan untuk mencoblos.

“Tapi kemana mereka ketika kasus Adelina ditutup dan buruh migran diluar negeri membutuhkan pertolongan,” uarnya dengan nada tanya.

Karena itu, JBMI menuntut kepada Pemerintah Malaysia untuk menghukum majikan seberat-beratnya dan segera menghentikan praktek perbudakan modern kepada buruh migran yang menjadi tulang punggung pembangunan di negeri Jiran ini.

“JBMI juga menuntut kepada Pemerintah Indonesia untuk melakukan segala upaya untuk membawa kembali majikan Adelina ke pengadilan dan memperbaiki pelayanannya bagi buruh migran di Malaysia dan di semua negara penempatan,” pintanya.

Lebih dari itu, pemerintah harus mewujudkan pembangunan yang mengabdi pada kepentingan mayoritas rakyat sebagai syarat terciptanya lapangan kerja layak dan pengurangan kemiskinan sehingga rakyat miskin tidak harus menjadi buruh migrant.

“Kami minta kepada pemerintah untuk benar-benar melindungi buruh migrant,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

MS Hidayat Terima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana

JAKARTA – Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat menerima Tanda Kehormatan Bintang

Bangun JPM Dukuh Atas Rp167,1 Miliar, Waskita Beton Precast Targetkan Tuntas Triwulan III 2023

JAKARTA-PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) yang tergabung dalam Kerja