Marak Kasus Penipuan Nasabah, CBC: BI Perlu Audit Teknologi Pembayaran Perbankan

Tuesday 10 Oct 2023, 10 : 39 am
Presiden Direktur Centre for Banking Crisis (CBC), Achmad Deni Daruri

Audit teknologi perbankan, kata dia, dapat membantu bank untuk memastikan bahwa sistem, infrastruktur, dan praktik teknologi informasi yang digunakan telah sesuai dengan standar keamanan yang berlaku, baik nasional maupun internasional.

BI kata dia, harus memastikan integrasi sistem yang baik dan konsisten, sehingga dapat mengurangi kesalahan, inkonsistensi, atau ketidaksesuaian data antara sistem yang berbeda atau antara sistem dengan laporan keuangan.

Audit teknologi perbankan dapat membantu bank untuk memastikan bahwa sistem teknologi informasi yang digunakan telah terintegrasi dengan baik dan dapat berkomunikasi dengan sistem lainnya secara efektif dan efisien.

“Meningkatkan kinerja aplikasi dan layanan perbankan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah, serta menghemat biaya operasional dan pemeliharaan sistem,” kata Deni.

Audit teknologi perbankan, lanjutnya, dapat membantu bank untuk memastikan bahwa aplikasi dan layanan perbankan yang disediakan telah berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan harapan nasabah, serta dapat menangani permintaan dan transaksi nasabah dengan cepat dan akurat.

“Meningkatkan manajemen proyek teknologi perbankan, sehingga dapat memastikan penggunaan sumber daya yang optimal, pengendalian risiko yang efektif, dan pencapaian tujuan proyek sesuai dengan rencana dan anggaran,” kata Deni.

Meningkatkan kepatuhan terhadap standar dan regulasi yang berlaku, lanjut Deni, wajib terlaksana.

Sehingga dapat menghindari sanksi, denda, atau tindakan hukum yang dapat merugikan bank.

“Audit teknologi perbankan dapat membantu bank untuk memastikan bahwa penyelenggaraan teknologi informasi telah sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan yang berlaku, baik dari BImaupun dari pihak lain yang terkait,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nasabah Beruntung Bank Mega Pilih Hadiah 1 Unit Apartemen di Transpark Cibubur

JAKARTA-Program Meriah Bareng Mega yang berlangsung sejak tanggal 1 Juli

Menpar Proyeksikan Devisa Pariwisata Akan Tembus USD 18 Miliar

Sementara itu untuk program hot deal (diskon besar-besaran kunjungan wisman