Mei 2020, Optimisme Konsumen Melemah

Friday 12 Jun 2020, 10 : 49 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Mei 2020 mengindikasikan pelemahan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi masih berlanjut.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2020 sebesar 77,8, lebih rendah dibandingkan dengan 84,8 pada April 2020.

“Melemahnya optimisme konsumen terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi
BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Jumat (2/6).

Secara spasial jelasnya, keyakinan konsumen menurun di 14 kota yang disurvei, dengan penurunan terdalam di kota Manado, diikuti Mataram dan Ambon.

Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, dengan penurunan terdalam pada indeks ketersediaan lapangan kerja saat ini.

Sementara di sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang meskipun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.

“Konsumen juga masih cukup optimistis dengan prakiraan ketersediaan lapangan kerja yang membaik dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan mendatang, seiring dengan prakiraan meredanya pandemi COVID-19 di Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Yuddy Minta Pemkot Tansel Perbaharui Absensi Elektronik

TANGERANG-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy

Presiden Instruksikan Percepatan Digitalisasi UMKM

JAKARTA-Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar. Untuk itu,