Mengintip Pilpres 2024, Mesin Partai Politik Sudah Menyala?

Kamis 6 Mei 2021, 1 : 02 pm
by
DR Heri Budianto M.Si - Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta

Ketua panitia kegiatan St Arief Setiaji menuturkan sejumlah narasumber perwakilan partai politik yang diundang dalam diksusi itu sangat representatif untuk menggambarkan peta koalisi menuju Pilpres 2024.

St. Arief Setiaji – Ketua Panitia

Arief mencontohkan PKS dalam beberapa waktu terakhir ini cukup aktif membangun komunikasi politik dengan sejumlah parpol seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

“Langkah PKS yang cukup aktif membangun komunikasi menggambarkan mesin politik menuju Pilpres 2024 sudah dinyalakan sejak sekarang,” katanya.

Selain itu, Arief menilai parpol seperti Nasdem biasanya memiliki ‘indera penciuman’ lebih dini untuk melihat tokoh politik yang prospektif untuk diusung sebagai calon pemimpin.

Hal itu sudah dilakukan oleh Nasdem di sejumlah pemilihan kepala daerah dan berhasil.

Dari aspek akademik, Arief menutukan diskusi itu akan memberi perspektif baru dari parpol khususnya dalam menyiapkan strateginya menghadai Pilpees 2024 yang masih dibayangi situasi pandemi Covid-19.

“Pemilu dan Pilpres 2024 akan beda situasinya. Isu pandemi masih akan mewarnai. Strategi parpol tak bisa dengan pendekatan yang biasa lagi,” katanya.

Selain itu, kegiatan disuksi tersebut menjadi sarana belajar yang produktif bagi mahasiswa, khususnya di Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana untuk melihat dan mendengar langsung praktik komunikasi dan strategi politik yang bakal dijalankan oleh para aktor-aktor politik ke depan.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK Gandeng BAZNAZ, Tingkatkan Inklusi Keuangan di Bidang Perzakatan

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan penandatangan kerja sama dengan Badan Amil
IHSG, bursa saham, sekuritas

IHSG Berpotensi Kembali Menguat, Mainkan Saham Rekomendasi Analis

JAKARTA-Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini