Menkes: Ancaman Pandemi Penyakit Susah Dibendung

Monday 28 Mar 2016, 9 : 22 pm
by
Menkes, Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM.

“Dalam konteks kesiapan penanganan pandemi, dibutuhkan tingkat pemahaman yang sama dan kapasitas implementasi yang setara pada tiap negara,” terangnya.

Dia menambahkan GHSA tidak mungkin hanya dilakukan oleh Kemenkes beserta seluruh aparat di bawahnya, tetapi  juga harus melibatkan seluruh sektor dan unsur masyarakat. “Untuk itu, kita membuat konsep One Health, di mana kesehatan dilihat sebagai konsep yang terintegrasi antara kesehatan manusia dengan kesehatan hewan,” jelasnya.

Dia menuturkan, Indonesia berperan penting dalam upaya-upaya mewujudkan keamanan kesehatan global. Tahun ini, Indonesia mendapat kepercayaan menjadi Ketua GHSA. Adapun ketua sebelumnya adalah Amerika (2014) dan Finlandia (2015).

Selain menjadi Ketua Troika GHSA pada tahun 2016, Indonesia juga dipercaya menjadi lead country untuk Action Package Zoonotic Diseases dan contributing country untuk Linking Public Health with Law & Multisectoral Rapid Response. Hal ini karena Indonesia dianggap baik dalam pengendalian zoonosis secara multisektor.

Lebih lanjut, dia menegaskan, Indonesia juga menjadi contributing country untuk Action Package Anti Microbial Resistance (AMR) yang merupakan isu penting secara global dan nasional dan Action Package Real-Time Surveillace karena surveilans merupakan pintu masuk untuk pertukaran data yang sangat penting. 

“Keterlibatan aktif Indonesia dalam GHSA sebagai ketua dari Troika GHSA, sudah menjadi posisi nasional. Kerja sama dan kepedulian kita semua dalam menyukseskan GHSA, bukan hanya sebagai sebuah kerja sama global, utamanya adalah sebagai suatu medium untuk peningkatan kapasitas dalam penanggulangan pandemi penyakit,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Berkas Paslon Siti Nur Azizah dan Ruhamaben Belum Lengkap

TANGERANG-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), menegaskan berkas
SAHAM

Akhir Pekan, IHSG Diperkirakan Masih Tertekan

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan, Jumat