Mgr Ignatius Kardinal Suharyo Minta ISKA Jadi Teman Seperjuangan Masyarakat, Bangsa dan Negara

Thursday 21 Jul 2022, 1 : 11 pm
by
Bertempat di Ruang Pertemuan Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Mgr Ignatius Kardinal Suharyo telah menerima Pengurus Pusat ISKA, Jakarta, Selasa (19/07/2022)

JAKARTA-Mgr. Ignatius Kardinal Suharyo mengajak dan mendorong pengurus Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) di seluruh tanah air untuk menjadi teman seperjalanan yang baik bagi Umat Katolik, masyarakat luas dan Nnegara.

Untuk itu, setiap pengurus ISKA dari tingkat terbawah sampai ditingkat pusat hendaknya mencermati dan peka pada proses perencanaan kebijakan dan pembangunan yang terjadi di seluruh tanah air.

Hal ini disampaikan Mgr Ignatius Kardinal Suharyo setelah menerima Pengurus Pusat ISKA, di Ruang Pertemuan Wisma Keuskupan Agung Jakarta Jakarta, Selasa (19/07/2022).

Dalam pertemuan itu, ISKA mengharapkan kehadiran Mgr Ignatius Kardinal Suharyo untuk memimpin misa pengukuhan dan pelantikan pengurus ISKA yang baru periode 2022-2026 yang akan berlangsung pada Minggu (31/07/2022).

Hadir dalam pertemuan tersebut Luky A. Yusgiantoro (Ketua Presidium ISKA terpilih), Joanes Joko, Arie Sulistiono, Prasetyo Nurharjanto dan Gomas Harun.

Dalam pertemuan tersebut Pengurus Pusat ISKA didampingi Hargo Mandirahardjo, Ketua ISKA sebelumnya.

Hargo Mandirahardjo, selaku Ketua Presidium ISKA periode 2017-2022 melaporkan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) ISKA  yang diselenggarakan di Denpasar-Bali pada tanggal 26-29 Mei 2022 yang baru lalu telah terselenggara dengan lancar.

Munas ini menghasilkan kepengurusan baru dan rekomendasi – rekomendasi untuk program , organisasi dan harapan untuk bangsa dan negara.

Sementara itu, Mgr. Ignatius Kardinal Suharya mengajak dan mendorong pengurus ISKA di seluruh tanah air untuk menjadi teman seperjalanan yang baik bagi Umat Katolik, Masyarakat Luas dan Negara.

Setiap pengurus ISKA dari tingkat terbawah sampai ditingkat pusat hendaknya mencermati dan peka pada proses perencanaan kebijakan dan pembangunan yang terjadi di seluruh tanah air.

Perhatian yang cermat dalam melihat perencanaan, memberi masukan dan usulan, proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan berbagai program pembangunan akan membantu pemerintah / negara memberikan prioritas yang tepat bagi kepentingan rakyat.

“Dalam konteks ini masyarakat sungguh-sungguh merasakan manfaat segala program yang dilakukan oleh pemerintah baik di pusat sampai ke daerah-daerah seluruh pelosok seluruh tanah air. Maka menjadi penting para pengurus dan aktivis ISKA untuk menjadi pengamat kebijakan dan peraturan – peraturan daerah yang diterbitkan oleh pemerintah setempat. Dengan demikian maknanya ISKA harus menjadi teman seperjalanan yang baik bagi masyarakat, bangsa dan negara. mendukung setiap langkah yang baik dan mengingatkan jika terjadi hal-hal yang kurang baik dan bahkan merugikan kepentingan Bersama,” ujar Kardinal Suharyo dalam pertemuan yang berlangsung selama 90 menit itu.

Menggarisbawahi Thema ISKA untuk kepengurusan baru yakni “ Menjunjung Martabat Kemanusiaan dan Kesetaraan”, Uskup Agung Jakarta itu menegaskan bahwa thema tersebut harus diwujudkan dalam tataran yang bisa dirasakan dan sederhana.

Kardinal Suharyo juga mengajak ISKA untuk terus bergerak dan berjuang untuk memaknai apa yang selalu menjadi slogan tersebut di tengah berbagai situasi intoleran, sentimen keagamaan dan primordialisme serta untuk terus bergerak dalam semangat 100% Katolik dan 100% Indonesia.

“Dalam sejarah umat Katolik Indonesia telah membuktikan slogan itu 100% Katolik bermaka kita harus terus berjuang dalam menjalanlan ajaran iman, ajaran yang menjunjung tinggi nilai-nilai Cinta Kasih dalam Relasi dengan Allah dan Sesama untuk mencapai kesempurnaan. Mencintai sesama yang kelihatan menjadi bukti nyata dalam mencintai Allah yang tak kelihatan tetapi terus hadir berkarya bagi kita. Lalu terkait dengan 100% Indonesia, Kita senantiasa mewujudkan Cinta tanah air dan mewujudkan bhakti dan sumbangsih pada tanah air,” tegas Kardinal Suharyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jelang Laporan Inflasi, Bursa Wall Street Kompak Menguat

JAKARTA-Bursa Saham Wall Street berakhir menguat pada penutupan perdagangan Kamis

Filipina Hentikan Penyelidikan Safeguard Produk Baja Indonesia

JAKARTA – Pemerintah Filipina secara resmi telah mengeluarkan notifikasi penghentian penyelidikan