Nilai-Nilai Perjuangan Gus Dur Bakal Dilanjutkan Ganjar Pranowo

Tuesday 10 Oct 2023, 4 : 24 pm
by
Ketua Banggar DPR RI, MH Said Abdullah

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menilai, Ganjar Pranowo adalah satu-satunya calon presiden (Capres) yang menjunjung tinggi politik nilai, sebagaimana diperjuangkan oleh Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Karena itu, Ganjar Pranowo diyakini menjadi preferensi politik yang paling tepat keluarga dan para pengikut pemikiran Gus Dur atau Gusdurian.

“Keluarga Gus Dur bersama Gus Durian berpolitik dengan memperjuangkan nilai-nilai Islam dan kemanusiaan sebagaimana yang diperjuangkan oleh Gus Dur. Saya kira nilai nilai itulah yang akan menjadi preferensi keluarga Gus Dur dan Gusdurian dalam menentukan langkah politik elektoralnya pada pemilu 2024 nanti,” kata Said Abdullah di Jakarta, Selasa 10 Oktober 2023.

Dia meneruskan, “Mas Ganjar pasti memegang teguh jalan politik kemanusiaan, meletakkan agenda memperkokoh toleransi dan pluralitas dalam beragama dan berkeyakinan sebagai kebijakannya ke depan yang tidak bisa di tawar-tawar dengan apa pun.”

“Termasuk agenda menempatkan perlindungan terhadap kelompok minoritas (suku, agama, ras, gender, dan penyandang disabilitas) sebagai kelompok yang harus dilindungi dan dijamin hak-haknya,” tambah Said.

Said Abdullah yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur itu menilai, Gusdurian yang dimotori putri Gus Dur, Alisah Wahid, sudah mengadvokasi banyak kelompok masyarakat.

Bukan hanya pada soal-soal toleransi beragama dan berkeyakinan, tetapi juga terlibat aktif pada perjuangan memberantas korupsi, lingkungan hidup dan perubahan iklim, serta pemberdayaan ekonomi rakyat.

“Saya kira perjuangan nilai-nilai sesungguhnya sejalan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh PDI Perjuangan,” kata Said.

Dia meneruskan, “Saya yakin putri-putri Gus Dur dan Gusdurian memiliki independensi dan idealisme dalam menentukan langkah politiknya.”

Said yakin keluarga dan para pengikut Gus Dur bisa menilai siapa di antara capres yang rekam jejaknya sejalan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Gus Dur.

“Tentu jika boleh berharap, putri-putri Gus Dur dan Gusdurian bisa satu barisan berjuang bersama Mas Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024,” pungkas Said. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Minta Agar Tak Ditangkap, Rizieq Shihab Tak Boleh Dikte Presiden

JAKARTA-Permintaan Rizieq Shihab berupa garansi dari Presiden Joko Widodo agar tidak

OJK: Kinerja Reksa Dana di Tahun Ini Melorot, NAB Tercatat Turun 5,05%

JAKARTA- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan, kinerja industri pengelolaan reksa