OJK Dorong IFSB Tingkatkan Inklusi Keuangan

Thursday 11 Dec 2014, 3 : 48 pm
by
Ketua OJK, Muliaman D Hadad

KUALA LUMPUR-Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad meminta agar program-program yang dikeluarkan Islamic Financial Services Board (IFSB) dikaitkan dengan inisiatif untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat.

“Akses masyarakat ke sektor jasa keuangan masih minim, untuk itu diperlukan inisiatif IFSB agar mengarahkan programnya untuk tujuan memperluas akses keuangan ini,” kata Muliaman dalam pertemuan ke-25 Anggota IFSB di Gedung Bank Negara Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis (11/12).

OJK hadir bersama Bank Indonesia (BI) dalam pertemuan rutin anggota IFSB tersebut yang dilanjutkan dengan Forum Stabilitas Keuangan Syariah IFSB ke-10.

Menurut Muliaman, inisiatif dalam kerangka inklusi keuangan itu penting untuk membantu upaya pengurangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, dia menyarankan agar IFSB memperhatikan perkembangan sektor  keuangan syariah selain perbankan, seperti pasar modal syariah dan industri keuangan non bank syariah yang perkembangannya penting dalam mendorong pertumbuhan industri keuangan syariah secara umum.

“Dalam pertemuan yang dihadiri 17 negara anggota penuh IFSB itu, juga dibahas mengenai berbagai program seperti keanggotaan, hasil survei anggota IFSB, perkembangan strategi program, rencana kerja IFSB dan anggaran IFSB 2015-2016 serta penentuan mengenai pimpinan anggota IFSB untuk tahun 2015,” jelasnya.

Sekretaris Jenderal IFSB Jaseem Ahmed mendukung usulan OJK untuk pengembangan inklusi keuangan dalam program-program IFSB.

Pada pertemuan itu, OJK juga menyampaikan pengajuan pendaftaran Bank Muamalat Indonesia untuk menjadi anggota observer dalam IFSB.

Hadir dalam pertemuan itu, Presiden Islamic Development Bank Ahmad Mohamed Ali, Gubernur Bank Negara Malaysia Zeti Akhtar Aziz, Direktur Eksekutif Direktorat Kebijakan Makro Prudential Bank Indonesia Darsono serta sejumlah pimpinan Bank Sentral dan Ketua Otoritas Moneter Negara-negara anggota penuh IFSB.

IFSB juga menjadwalkan sejumlah kegiatan di 2015 seperti seminar keuangan syariah dan Forum Stabilitas Keuangan Syariah ke-11 di Indonesia pada April.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ganip Warsito Cek Kesiapan Karantina Pelaku Perjalanan Internasional

JAKARTA-Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito melakukan inspeksi mendadak

Dinsos Tangsel Sediakan Sembako Bagi Keluarga Pasien PDP

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Dinas Sosial berusaha menyediakan