OSO Ingatkan Senator Jangan Terjebak Soal Penguatan Kewenangan

Wednesday 18 Sep 2019, 7 : 07 am

JAKARTA-Ketua DPD RI, Oesman Sapta, berharap agar Anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024 terus melanjutkan perjuangan kepentingan daerah yang telah diperjuangkan oleh Anggota DPD RI periode sebelumnya. Kemakmuran daerah merupakan cita-cita yang harus diperjuangkan oleh setiap Anggota DPD RI.

Saat membuka Orientasi Anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024 yang turut dihadiri oleh Pimpinan DPD RI, Oesman Sapta menjelaskan mengenai komitmen awal pembentukan DPD RI, yaitu untuk memajukan dan menyejahterakan daerah.

“Jika daerah sudah sejahtera maka Indonesia akan maju. Saya ingin agar para Senator dari 34 provinsi ini dapat terus memajukan daerahnya masing-masing,” ucap Oesman Sapta yang juga Anggota DPD RI dari Provinsi Kalimantan Barat.

Lanjutnya, kewenangan DPD RI saat ini memang perlu diperkuat, terutama terkait fungsi pengawasan atas undang-undang yang ada. Namun Oesman Sapta, meminta agar isu kurangnya kewenangan DPD RI justru jangan menghambat kinerja Anggota DPD RI.

Dirinya meminta agar Anggota DPD RI tidak terjebak pada isu penguatan kewenangan yang harus sama dengan DPR RI, dan akhirnya melupakan perjuangan kepentingan daerah.

Apalagi saat ini DPD RI mempunyai kewenangan baru yang harus dimanfaatkan untuk membangun daerah, yaitu monitoring dan evaluasi Perda dan Rancangan Perda.

“Saya sepakat terkait hal tersebut (penguatan DPD RI). Namun bila kita menunggu amandemen, sehingga juga bisa ikut mengesahkan undang-undang sama seperti DPR dan Pemerintah, maka kita akan terjebak dalam rutinitas kerja-kerja konstitusional kita,” tegasnya.

Sementara itu, terkait kegiatan Orientasi Anggota baru DPD RI, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, menjelaskan kegiatan orientasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai mekanisme kerja DPD RI sebagai lembaga legislatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Danamon Peduli Alokasi Rp 7 Miliar Untuk Bangun Pasar Rakyat

SERANG- Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) meluncurkan kampanye nasional bertajuk

Persoalan Kejagung Ada Di Renstra dan Transparansi

JAKARTA-Evaluasi terhadap kinerja Kejaksaan Agung terus menggema. Bahkan DPR membeberkan