PDI Perjuangan Dukung Kebijakan Pemerintah Dalam Mitigasi Covid-19

Saturday 21 Mar 2020, 12 : 05 am
by
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

JAKARTA-Legislatif dan eksekutif Partai agar menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang cukup, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan serta mengerahkan tenaga medis dan mobilisasi seluruh tenaga kesehatan untuk memberikan akses bagi rakyat memeriksakan kondisi kesehatannya.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan mengeluarkan Surat Instruksi mendukung seluruh kebijakan Pemerintah dalam pencegahan pandemi dan penanggulangan dampak virus corona atau Covid-19.

Surat Instruksi bernomor 1370/IN/DPP/III/2020 yang ditandatangani Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto itu menginstruksikan kepada seluruh jajaran struktural Partai, legislatif, dan eksekutif Partai untuk aktif bergotong royong berjuang bersama rakyat menghadapi coronavirus.

Gotong royong bersama dengan melakukan sosialisasi massif dan instensif kepada publik terhadap pandemi Covid-19 sesuai surat DPP PDI Perjuangan bernomor 1132/IN/DPP/II/2020 tentang Instruksi Sosialisasi Pencegahan Virus Corona. Wujud sosialisasi dengan memproduksi dan menyebarkan leaflet sosialisasi terhadap Covid-19.

Sebisa mungkin leaflet tersebut menggunakan karikatur dan atau bahasa daerah, khususnya bagi masyarakat pedesaan, lansia, dan difabel.

Surat Instruksi yang ditandatangani pada hari Selasa (20/3/2020) tersebut menyatakan mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah terkait himbauan pengurangan aktivitas sosial dan kegiatan luar rumah (social distancing) dengan beraktivitas dan berdoa di rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Agar terus mempraktekkan hidup gotong royong dan aktif membantu rakyat kecil terdampak kehidupan perekenomiannya akibat Covid-19.

“Bagi legislatif dan eksekutif Partai agar menyediakan sarana dan prasarana kesehatan yang cukup, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan serta mengerahkan tenaga medis dan mobilisasi seluruh tenaga kesehatan untuk memberikan akses bagi rakyat memeriksakan kondisi kesehatannya. Legislatif dan eksekutif Partai agar mendorong program jaring pengaman sosial khususnya bagi masyarakat kecil berpenghasilan rendah dan harian,” demikian tertulis dalam Instruksi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Selanjutnya diinstruksikan agar menyediakan dapur umum di daerah-daerah kumuh perkotaan dan kelompok masyarakat lainnya yang paling terdampak. Serta melaksanakan program serentak di seluruh kantor DPC dan DPD untuk mendeklarasikan Gerakan #gotongroyongnasionalmenghadapiCovid19 dan #GotongRoyongPancasilaHadapiCorona.

DPP PDI Perjuangan melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) di Provinsi, Kabupaten, dan Kota, termasuk mensosialisasikan brosur Covid-19 yang dibuat oleh Ketua Umum PDI Perjuangan.

DPP PDI Perjuangan mendukung Pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin:

Pertama, membangun kerja sama diplomatik di bidang riset pertahanan dan kesehatan yang lebih erat, terutama dengan negara-negara yang terjangkit virus corona. Sekaligus menjalin kerja sama untuk pemulihan ekonomi di negara-negara terdampak coronavirus.

Kedua, mengeluarkan kebijakan yang integral, responsif dalam menghadapi virus corona dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, dan Kota di seluruh Indonesia, secara terencana, terukur, transparan dan tepat sasaran.

Ketiga, mendorong kebijakan dari Menteri BUMN dan Menteri Perindustrian untuk secara nyata membantu Pemerintah terkait pendanaan pencegahan dan penanganan virus corona di seluruh tanah air, salah satunya adalah segera melakukan realokasi pemanfaatan dana CSR pada penguatan pelayanan dan fasilitas kesehatan yang terkoordinasi dan integral di tingkat dasar, khususnya Puskesmas.

Terkait hal tersebut, DPP PDI Perjuangan menginstruksikan kepada seluruh jajaran struktural Partai agar tidak mengadakan kegiatan kepartaian yang bersifat mengumpulkan massa. Rapat-rapat Partai untuk persiapan Pilkada dilakukan melalui tele conference. Selanjutnya kantor DPP, DPD, dan DPC PDI Perjuangan segera mengurangi seluruh aktivitas (slowing down) hingga 31 Maret 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ikut Pameran di Jerman, Estimasi Kesepakatan Bisnis Mencapai Rp 26,23 Miliar

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi sebanyak 14 perusahaan teknologi informasi dan

AS Kuasai Tujuan Ekspor Batik Indonesia

JAKARTA-Indonesia patut bangga pada batik. Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya