Pefindo Beri Rating Single A untuk MTN TINS Sebesar Rp626 Miliar

Monday 10 Oct 2022, 9 : 39 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) melaporkan bahwa pihaknya telah menetapkan peringkat idA (Single A) pada rencana penerbitan Medium Term Nones (MTN) PT Timah (Persero) Tbk (TINS) sebesar Rp626 miliar.

Berdasarkan siaran pers Pefindo yang dikutip Senin (10/10), peringkat idA juga disematkan pada TINS sebagai perusahaan maupun sejumlah obligasinya yang masih beredar, sedangkan untuk sukuk diberi rating idAsy (Single A Syariah). Prospek peringkat TINS adalah ‘Stabil’.

Pefindo menilai, peringkat TINS mencerminkan posisi pasar perseroan yang sangat kuat, kegiatan operasional yang terintegrasi secara vertikal dan proteksi arus kas, serta likuiditas yang kuat.

“Namun, peringkat dibatasi oleh kebijakan keuangan yang moderat dan eksposur perusahaan terhadap volatilitas harga timah”.

Lebih lanjut Pefindo menyampaikan, peringkat dapat dinaikkan, jika TINS secara intensif melakukan penurunan utang hingga level konservatif, dengan melakukan efisiensi biaya dan menghasilkan EBITDA yang kuat, serta bisa memperkuat hilirisasi bisnis secara berkelanjutan.

Sementara itu, peringkat TINS bisa saja diturunkan, apabila terdapat penambahan utang yang lebih besar dari proyeksi dan tanpa dikompensasi dengan peningkatan kinerja bisnis.

Selain itu, jika fluktuasi harga timah secara signifikan melemahkan pendapatan dan profitabilitas TINS.

“Perubahan regulasi yang tidak menguntungkan, seperti diberlakukannya larangan ekspor ingot yang baru-baru ini direncanakan pemerintah, juga berpotensi melemahkan arus kas dan profil kredit TINS. Mengingat, pasar ekspor akan tetap mendominasi pendapatan perusahaan,” tulis Pefindo

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Produksi MDKA Bakal Tertunda Akibat Insiden Proyek Tujuh Bukit

JAKARTA-PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) melaporkan, insiden yang terjadi
pertumbuhan laba bersih tersebut utamanya berasal dari pertumbuhan Fee Based Income (FBI) dan Net Interest Income (NII) yang masing-masing sebesar 16,8 persen dan 17,6 persen (y-o-y).

Laba Bersih BBTN Melambung 23,89% Jadi Rp774 Miliar

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) mengumumkan, selama tiga