Pefindo Pertahankan Rating SMGR di Level Double A Plus, Outlook: Stabil

Wednesday 24 Aug 2022, 11 : 51 pm
by
Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021
ilustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk mempertahankan peringkat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) di level idAA+ (Double A Plus), dengan prospek peringkat di posisi ‘Stabil’.

Berdasarkan laporan Tim Analis Pefindo yang dikutip Rabu (24/8), peringkat dan outlook yang disematkan pada SMGR tersebut mencerminkan posisi pasar SMGR yang sangat kuat di industri semen, fasilitas produksi dan logistik yang terdiversifikasi dengan baik, serta profil keuangan yang konservatif.

Namun, Pefindo memandang bahwa persaingan pasar yang ketat dan risiko terkait biaya input yang lebih tinggi telah membatasi peringkat.

“Peringkat dapat dinaikkan, jika SMGR secara material dan berkelanjutan meningkatkan profil bisnis, yang tercermin dari capaian pendapatan dan EBITDA lebih tinggi dari proyeksi. Serta, tetap mempertahankan profil keuangan yang konservatif,” tulis Tim Analis Pefindo.

Tetapi peringkat SMGR bisa saja diturunkan, apabila terdapat indikasi penurunan berkelanjutan pada pangsa pasar maupun profitabilitas yang materil.

“Karena, kenaikan biaya input yang signifikan dan/atau kekuatan penetapan harga yang lebih lemah”.

Selain itu, Pefindo juga dapat penurunkan peringkat SMGR, jika perseroan berutang lebih tinggi dari proyeksi tanpa dikompensasi dengan prospek pendapatan yang lebih tinggi.

“Sehingga, membuat kami tidak lagi memandang SMGR memiliki profil keuangan yang konservatif”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021

Pefindo Ganjar Peringkat idAA Pada MTN Subordinasi Milik BBNI

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idAA (Double A)

Jokowi: Tidak Akan Beri Ruang Untuk Perusuh

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, siap membuka diri kepada siapa