Pefindo Sematkan Rating Double A Plus Untuk SMGR Maupun Obligasi Rp3 Triliun

Monday 17 Oct 2022, 4 : 35 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk memberikan peringkat idAA+ (Double A Plus) untuk surat utang yang diterbitkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR), yakni Obligasi Berkelanjutan II senilai Rp3 triliun.

Penetapan rating obligasi tersebut disampaikan Pefindo melalui siaran pers yang dilansir di Jakarta, Senin (17/10).

Pada tahap pertama penerbitan obligasi tersebut, nilai emisi yang akan dirilis mencapai Rp1 triliun.

“Dana yang diperoleh dari penerbitan obligasi tahap pertama itu akan digunakan untuk modal kerja dan kebutuhan umum,” demikian disampaikan Pefindo.

Pada saat yang bersamaan, Pefindo juga memberikan peringkat pada SMGR maupun Obligasi Berkelanjutan I yang diterbitkan perseroan di level idAA+.

“Prospek untuk peringkat perusahaan adalah Stabil”.

Pefindo menilai, peringkat idAA+ mencerminkan posisi pasar SMGR yang sangat kuat di industri semen, fasilitas produksi dan logistik yang terdiversifikasi dengan baik dan profil keuangan yang konservatif.

“Namun, persaingan pasar yang ketat dan risiko terkait dengan biaya input yang lebih tinggi membatasi peringkat,” tulis Pefindo.

Lebih lanjut Pefindo menyampaikan, peringkat SMGR dapat dinaikkan, jika perseroan secara material dan berkelanjutan bisa meningkatkan profil bisnis.

Hal ini akan tercermin dari capaian pendapatan dan EBITDA yang lebih tinggi dari diproyeksi sebelumnya dan bisa mempertahankan profil keuangan yang konservatif.

“Namun peringkat dapat diturunkan, jika terdapat indikasi penurunan yang berkelanjutan pada pangsa pasar dan penurunan profitabilitas secara materil karena kenaikan biaya input yang signifikan dan/atau kekuatan penetapan harga yang lebih lemah,” tulis Pefindo.

Selain itu, peringkat SMGR bisa saja diturunkan, apabila perseroan berutang lebih tinggi dari yang diproyeksikan dan tanpa dikompensasi oleh prospek pendapatan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya membuat Pefindo tidak lagi memandang SMGR memiliki profil keuangan yang konservatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank OCBC NISP Berikan Beasiswa Rp 150 Juta

BANDUNG-Kepedulian terhadap kemajuan dunia pendidikan Indonesia telah menjadi perhatian Bank

Sultan Agung Tokoh Pluralisme

TANGERANG-Ketokohan Raja Mataram Sultan Agung (1613 – 1645) sebagai pahlawan