Penerimaan Pajak Manokwari Tembus Rp1,132 Triliun

Tuesday 5 Jan 2016, 3 : 03 pm
by
KPP Manokwari

MANOKWARI-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari mencapai prestasi yang sangat membanggakan selama Tahun 2015 lalu.  Berdasarkan data administrasi penerimaan pajak Ditjen Pajak sampai dengan tanggal 5 Januari 2016, realisasi penerimaan pajak KPP Pratama Manokwari sebesar Rp1,132 triliun atau mencapai 101,08% dari target yang diamanatkan sebesar Rp1,119 triliun.

Kepala Kantor KPP Manokwari Chandra Budi mengatakan tingkat pertumbuhan yang dicapai juga sangat tinggi, yaitu sebesar 57,64% dibandingkan dengan pencapaian Tahun 2014.

Atas prestasi ini, KPP Pratama Manokwari berhasil mensejajarkan dirinya sama dengan beberapa KPP lain yang juga mencapai target.  Untuk level regional, KPP Pratama Manokwari merupakan satu-satunya dari 7 (tujuh) KPP di lingkup Kantor Wilayah Ditjen Pajak Papua dan Maluku yang berhasil mencapai target atau berada diatas 100% lebih.

Dari capaian pertumbuhan, KPP Pratama Manokwari bertengger diurutan paling atas. “Tentunya, prestasi yang telah dicapai ini merupakan akumulasi dari usaha dan kerja cerdas seluruh pegawai KPP Manokwari.  Semua kebijakan nasional berhasil diterjemahkan dengan baik di KPP Manokwari, seperti penghapusan sanksi administrasi pajak atau reinventing policy, revaluasi aset dan kebijakan pemeriksaan,” jelas Chandra Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/1).

Pada tahun ini juga terangnya, KPP Manokwari lebih mengiatkan semua program pengawasan, penegakkan hukum dan edukasi ke seluruh Wajib Pajak-nya.  KPP Pratama Manokwari berhasil melakukan pemblokiran ke satu Wajib Pajak perkebunan sehingga mereka langsung melunasi utang pajaknya saat itu juga.

Semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh segenap pegawai KPP Pratama Manokwari dengan memberikan pendampingan ke Bank Papua Manokwari dan BNI Cabang Manokwari hingga larut malam.  Ditambah lagi adanya kerjasama yang baik dengan pimpinan bank-bank tersebut – yang mengelola keuangan daerah, baik di Provinsi Papua Barat maupun di Kabupaten Manokwari – membuahkan hasil uang pajak akhir tahun 31 Desember 2015 dapat dilimpahkan seluruhnya ke kas negara. “Kami berharap prestasi ini menjadi catatan kecil baik untuk pribadi maupun publik.  Karena, segenap pegawai KPP Pratama Manokwari yang berjumlah 71 pegawai terbukti telah mampu menjalankan tugasnya dengan baik, termasuk harus menempuh jauhnya jarak dan minimnya pilihan moda transportasi apabila ingin bertemu dengan Wajib Pajak. Semuanya, untuk mendukung penerimaan negara bagi keberlangsungan program kerja Pemerintah untuk kesejahteraan rakyat,” pungkasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ekuitas MEDC di Akhir 2023 Tumbuh 16 % Jadi USD 2,03 Miliar

JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mencatatkan balance
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

IHSG Berpotensi Terkoreksi Lagi, Mainkan ERAA, INKP, BUKA dan ESSA

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir