Perbankan Butuh Dukungan Sektor Riil

Senin 10 Jun 2013, 10 : 22 pm
by

JAKARTA-Keinginan perbankan nasional memperluas pasarnya secara regional diperikarakan tidak akan mudah selama sector rill  belum melakukan ekspansi usaha ke luar negeri.  Sebab untuk bisa langsung melayani nasabah domestik di salah satu negara, bank itu membutuhkan perusahaan-perusahaan asal Indonesia sebagai basis nasabah. “Jadi harus punya nasabah dulu.  Karena itu, sektor riil dulu masuknya,” ujar Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Nasional (Perbanas) saat ditemui disela-sela acara konferensi Press Jazz Gunung Indonesia di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (10/6).

Menurut dia, untuk bisa menembus pasar regional tidak bisa hanya mengandalkan perbankan saja. Karena harus dimulai oleh sektor rill juga, seperti Garuda, Telkom dll masuk regional dulu. “Baru nanti bank ngikut, kan bank follow the trade (industri) dulu,” kata dia.
Dia menjelaskan, perbankan nasional harus tetap mengembangkan pasar domestik selain ekspansi secara regional. Penguatan pasar domestic harus dilakukan seiring dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015. Jika tidak ada langkah antisipasi maka perbankan nasional akan keteteran menghadapi ketatnya persaingan industry perbankan di ASEAN. “Kita termasuk ekonomi terbesar di ASEAN, jangan sampai tuan rumah itu tidak menguasai. Untuk jangka menengah panjang, kita harus bisa ekspansi ke luar ASEAN, jangan sampai orang masuk terus. Tapi dalam waktu pendek memang penting untuk fokus di pasar domestik,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Resisten Terhadap Sikap Oposisi Ganjar-Mahfud, Erick: Prabowo Memperlihatkan Watak Otoriter

JAKARTA -Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) yang juga Advokat

CIMB Niaga Syariah Sediakan Beragam Produk dan Program Tabungan Unggulan

JAKARTA-Guna meningkatkan perolehan Dana Pihak Ketiga (DPK), khususnya produk tabungan,