Perbankan Solid, Posisi CAR 27,65%

Minggu 31 Mar 2024, 1 : 03 pm
by
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

Ekonomi domestik yang relatif kuat juga terekam pada indikator perbankan sebagaimana terlihat pada pertumbuhan kredit (bank umum) yang masih cukup baik yaitu sebesar 10,38 persen (yoy) meskipun melambat dari periode yang sama tahun sebelumnya (11,35 persen, yoy).

Pertumbuhan kredit tersebut turut didorong oleh membaiknya aktivitas usaha dan meningkatnya tingkat keyakinan (optimisme) konsumen.

Jika dilihat dari penyaluran kredit untuk tujuan konsumtif, kredit kepemilikan properti menunjukkan peningkatan pertumbuhan dari sebesar 7,55 persen (yoy) pada Desember 2022 menjadi 12,00 persen (yoy) di Desember 2023.

Kredit kepemilikan kendaraan bermotor juga masih bertumbuh sebesar 13,34 persen (yoy).

Di sisi lain, DPK juga masih tumbuh yaitu sebesar 3,73 persen (yoy) meskipun jauh lebih rendah dari tahun sebelumnya sebesar 9,01 persen (yoy) yang antara lain dipengaruhi oleh high based effect pertumbuhan DPK pada akhir 2022, adanya preferensi penggunaan dana internal korporasi untuk kebutuhan operasional dan ekspansi perusahaan, penggunaan dana/simpanan untuk konsumsi masyarakat yang kembali meningkat pasca pandemi, serta dampak dari perpindahan dana dari instrumen perbankan (DPK) ke alternatif investasi lainnya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Syariah Dukung Layanan Digitalisasi Asosiasi Haji dan Umrah Amphuri

MALANG-BNI Syariah mendukung layanan digitalisasi Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan

Per Januari 2019, 100 % Iuran BJPS Warga Tangsel Ditanggung Pemkot

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan Kota Tangsel