Perbankan Solid, Posisi CAR 27,65%

Sunday 31 Mar 2024, 1 : 03 pm
by
PT Samudera Indonesia Tbk
Ilustrasi

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis Laporan Surveillance Perbankan Indonesia (LSPI) Triwulan IV-2023 menyebutkan tingkat permodalan perbankan masih cukup solid dengan Capital Adequacy Ratio  (CAR) sebesar 27,65 persen, utamanya ditopang perbaikan tingkat rentabilitas (ROA).

Demikian juga, kondisi likuiditas bank umum terpantau masih cukup memadai sebagaimana tecermin dari rasio AL/NCD dan AL/DPK masing-masing sebesar 127,07 persen dan 28,73 persen, masih jauh di atas threshold.

Risiko kredit juga terpantau membaik dengan rasio NPL gross dan NPL net yang menurun dan relatif stabil masing-masing menjadi 2,19 persen dan 0,71 persen.

Sejalan dengan kinerja bank umum, kinerja BPR dan BPRS juga cukup baik dengan kredit/pembiayaan dan DPK masih tumbuh tinggi meski relatif melambat dibandingkan tahun sebelumnya.

Rasio permodalan juga cukup kuat dengan CAR BPR dan BPRS masing-masing sebesar 29,98 persen dan 23,21 persen.

“Ke depan, tetap perlu diperhatikan risiko perbankan utamanya risiko pasar dan dampaknya pada risiko likuiditas terkait sentimen suku bunga global yang masih tetap tinggi, serta potensi peningkatan risiko kredit menjelang berakhirnya masa relaksasi kredit restrukturisasi terkait covid-19 pada akhir Maret 2024,” ujar Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Aman Santosa.

Untuk itu perbankan didorong meningkatkan daya tahannya melalui penguatan permodalan dan menjaga coverage CKPN secara memadai, serta secara rutin melakukan stress test untuk mengukur kemampuan permodalannya dalam menyerap potensi risiko khususnya terkait penurunan kualitas kredit restrukturisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemegang Saham Restui  Stock Split Indointernet Jadi Rp10 per Saham

JAKARTA-Pemegang saham PT Indointernet Tbk (EDGE), dalam Rapat Umum Pemegang

Peluncuran Moscow Central Diameter, Lompatan Perintis Sistem Transportasi Global

JAKARTA-Moskow dengan bangga meluncurkan Moskow Central Diameter (MCD-3) ketiganya pada