Perlu Koordinasi TPIP-TPID Guna Jaga Inflasi

Selasa 29 Nov 2022, 7 : 49 pm
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan di HUT ke-65 Kosgoro 1957 yang merupakan organisasi sayap Partai Golkar, Minggu (27/11/2022)/Foto: ekon.go.id

“Untuk mengantisipasi lonjakan inflasi selama Nataru, saya kira pemerintah bisa melakukan hal yg sama, meningkatkan koordinasi menjaga ketersediaan suplai dan distribusi,” pungkasnya.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan arahan terkait strategi TIPIP dan TPID dalam pengendalian inflasi jelang akhir tahun.

“Pemerintah meminta agar Pemerintah Daerah menggunakan dana daerah terutama untuk mendukung logistik, tadi ada beberapa daerah yang belum menggunakan dana tersebut. TPIP akan membuat surat, agar ini bisa dimanfaatkan dan kemudian beberapa hal yang menjadi catatan bahwa ke depan inflasi ini perlu ditangani secara lebih baik agar pertumbuhan ekonomi kita bisa berkualitas. Itu bisa dicapai kalau inflasinya bisa ditekan,” ungkap Ketum Golkar itu saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) TPIP dan TPID di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (25/11) lalu.

Infrastruktur Pertanian

Sementara itu, Direktur CELIOS (Center of Economic and Law Studies) Bhima Yudhistira mengatakan, penggunaan dana transfer daerah dalam mengatasi inflasi pangan, boleh disasar ke pembangunan infrastruktur pertanian.

“Ada dana transfer daerah juga dana desa, tinggal di fokuskan ke infrastruktur pertanian jangan buat gapura atau buat pembangunan yang tidak punya dampak langsung ke penurunan inflasi,” kata Bhima, Selasa (29/11/2022).

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemendag Tingkatkan Pengembangan Ekspor Nonmigas 2014

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) optimistis kinerja ekspor Indonesia pada 2014 akan

Pendapatan Naik 28,67%, Ginting Jaya Energi Merugi Rp1,70 Miliar per September 2023

JAKARTA-Pendapatan usaha PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS), emiten di