Penyaluran Kredit Baru Tumbuh Positif di Triwulan I 2024

Friday 26 Apr 2024, 7 : 22 pm
Ilustrasi

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan, Hasil Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan penyaluran kredit baru pada triwulan I 2024 tumbuh positif, meski tidak setinggi triwulan IV 2023 sesuai dengan pola historisnya.

Hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru triwulan I 2024 sebesar 60,8%.

Asisten Gubernur BI Bidang Departemen Komunikasi, Erwin Haryono, mengemukakan, pertumbuhan penyaluran kredit baru tersebut terjadi pada seluruh jenis kredit.

Selanjutnya, pada triwulan II 2024 penyaluran kredit baru diprakirakan tetap tumbuh dengan SBT prakiraan penyaluran kredit baru sebesar 57,6%.

Standar penyaluran kredit pada triwulan II 2024 diperkirakan sedikit lebih ketat pada seluruh jenis kredit kecuali KPR/KPA.

“Mayoritas aspek kebijakan penyaluran kredit diperkirakan lebih ketat, khususnya suku bunga kredit dan agunan. Sementara itu, jangka waktu kredit dan persyaratan administrasi diprakirakan lebih longgar, katanya dalam keterangan resmi, Jumat (26/4/2024).

Erwin mengemukakan, hasil survei BI menunjukkan responden tetap optimis terhadap pertumbuhan kredit ke depan. Responden memprakirakan outstanding kredit sampai dengan akhir tahun 2024 terus tumbuh.

Optimisme tersebut antara lain didorong oleh prospek kondisi moneter dan ekonomi serta relatif terjaganya risiko dalam penyaluran kredit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Potensi Kelautan Sulawesi Utara Belum Tergarap Maksimal

MANADO-Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sebenarnya memiliki potensi kelautan sangat besar,

BI Perpanjang Implementasi Chip dan PIN Online Kartu ATM/Debit

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) melakukan penyesuaian jadwal implementasi standar nasional teknologi