2024, Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh Tinggi di 4,7-5,5%

Wednesday 20 Mar 2024, 9 : 51 pm
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto : Istimewa

JAKARTA – Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024 akan tinggi di kisaran 4,7-5,5% karena didorong oleh permintaan domestik yang baik di konsumsi rumah tangga maupun investasi.

Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Gedung BI, Rabu (20/3/2024).

“Investasi bangunan lebih tinggi dari perkiraan, ditopang oleh berlanjutnya Proyek Strategis Nasional (PSN) di sejumlah daerah dan berkembangnya properti swasta sebagai dampak positif dari insentif pemerintah,” ungkap Perry.

Ditambahkannya, konsumsi rumah tangga dan investasi nonbangunan tetap terjaga, meskipun perlu terus didorong untuk mendukung berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional.

“Tetap baiknya permintaan domestik tercermin pada sejumlah indikator, seperti Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan Riil, dan PMI Manufaktur yang berada di zona optimis,” tambahnya.

Sementara itu, lanjut Perry, ekspor barang diperkirakan belum kuat seiring penurunan permintaan dari negara mitra dagang utama, khususnya untuk komoditas CPO, besi baja, dan batu bara, sedangkan ekspor jasa khususnya pariwisata tumbuh kuat.

“Dengan berbagai perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi 2024 diperkirakan berada dalam kisaran 4,7-5,5%. Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal Pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik,” pungkas Perry.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemegang Saham Restui Rencana Rights Issue YELO Sebanyak 15,3 Miliar Saham

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Yelooo Integra

Kemenag Keluarkan Izin LKSPWU Bank Permata Unit Syariah

JAKARTA-Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama