Pertamina EP Field Rantau Peroleh Tambahan 120 BOPD dari Sumur RNT-DZ7

Tuesday 1 Apr 2014, 11 : 24 am
by

JAKARTA-PT Pertamina EP Asset 1 Field Rantau berhasil menyelesaikan pemboran Sumur RNT-DZ7 Struktur Rantau yang terletak di Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang. Dari hasil pemboran tersebut PT Pertamina EP berhasil mendapatkan tambahan minyak sebanyak 120 barel per hari (BOPD) sesuai dengan target pemboran yang sudah ditetapkan. Dengan penambahan produksi tersebut semakin memperkuat optimisme field Rantau menuju target produksi 3.500 BOPD.
Field Rantau sendiri merupakan lapangan yang mature, dimana sudah mengalami decline rate yang cukup tinggi oleh karena itu tahap pengurasan lapangan rantau sudah ditahap secondary recovery dimana pada tahap ini dilakukan waterflood guna menjaga pressure reservoir sehingga dapat menambah recovery minyak. “Dengan keberhasilan pemboran RNT-DZ7, Field Rantau tidak hanya mendapatkan tambahan produksi sebesar 120 BOPD ini, tetapi juga berhasil menahan decline (penurunan produksi rata-rata secara alamiah) per bulan yang mencapai 9%. Kami berharap pada pemboran berikutnya di Field Rantau mampu menghasilkan minyak maupun gas dengan hasil yang signifikan  melebihi dari sumur RNT – DZ7 ini sehingga produksi Field Rantau dapat terus meningkat” ujar Arya Dwi Paramita Pjs Public Relation Manager PT Pertamina EP di Jakarta, Senin (31/3).
Sumur RNT-DZ7 sendiri merupakan sumur pemboran keenam dari total 12 sumur pemboran yang direncanakan pada tahun 2014, dimana dari 6 sumur bor yang terdiri dari 3 sumur bor EPT dan 3 sumur EOR tersebut, 5 sumur bor sebelumnya masih membutuhkan upaya lanjutan untuk bisa memproduksikan minyak sesuai dengan target masing – masing sumur. “Untuk lapangan Rantau, produksi tambahan dari pemboran 120 BOPD sangat besar karena lapangan Rantau memiliki angka penurunan produksi alami sekitar 43% per tahun mengingat mayoritas sumur yang telah diproduksikan  sejak lama dan memiliki kadar air yang sangat tinggi. Selain itu, dalam kegiatan pemboran sebelumnya hasilnya tidak menggembirakan, cenderung tidak berhasil, banyak kendala di lapangan baik teknis maupun non teknis yang mempengaruhi perolehan minyak maupun gas” tambah Arya.
Pemboran sumur RNT – DZ7 ini, memakan waktu selama 18 hari dengan titik kedalaman mencapai 809 m menggunakan Rig SkyTop milik PT. Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) dengan target produksi minyak 120 bopd dari Zona  Z-800 Blok A1. Berdasarkan hasil test produksi Sumur RNT-DZ7 / P-441 dapat mengalirkan minyak mencapai 333.21 BOPD dengan jepitan 7/64 inch, tekanan kepala sumur 620 psi, dan sumur berproduksi secara sembur alam (natural flow) dengan kadar air 0%. “Pembuktian melalu uji produksi tersebut menegaskan optimisme bahwa Struktur Rantau Zona Z-800 Blok A1 masih sangat potensial untuk dikembangkan dan mengandung minyak yang sangat ekonomis. Lebih lanjut hasil produksi Minyak dari Field Rantau jenis sweet light crude dengan API 42-43 ini kemudian dikirimkan ke Pangkalan Susu, untuk selanjutnya diolah ke Kilang Balikpapan dan Kilang Cilacap”, jelasnya.
Lebih lanjut Arya menambahkan bahwa keberhasilan pemboran RNT-DZ7 / P-441 merupakan penambah semangat ditengah tantangan mencari sumber minyak dan gas, sekaligus merupakan anugerah dari Tuhan  YME, serta doa dan kerja keras banyak pihak termasuk masyarakat di sekitar area operasi, seluruh jajaran pemerintah di daerah, pekerja Pertamina EP Asset 1, Pekerja Field Rantau, Drilling Department Pertamina EP dan juga engineer yang bertugas di lapangan termasuk Tim PDSI. “Keberhasilan ini sekaligus membuktikan upaya PERTAMINA EP untuk terus menerus meningkatkan produksi secara organik dengan sejumlah inovasi, dan tetap memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan sebagai bentuk kerjasama  simetris yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia ke depan,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Indika Energy

Anak Usaha INDY Siap Jual 51% Saham di MBSS Kepada Galley Adhika

JAKARTA-PT Indika Energy Tbk (INDY) melalui anak usahanya, PT Indika

TPN Ganjar-Mahfud Desak KPU segera Audit Sirekap, Libatkan Pakar TI Independen

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TPN) Ganjar Mahfud mendesak Komisi