PLN Jamin Pasokan Listrik Untuk KTT ke-43 ASEAN

Thursday 31 Aug 2023, 10 : 12 pm
Mensesneg Pratikno didampingi Dirut PLT Darmawan Prasodjo beserta pejabat lainnya saat meresmikan Revitalisasi Kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta, di Power House PLN Istana Kepresidenan Jakarta

JAKARTA-Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo  menjamin ketersediaan dan pasokan listrik selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta pada 5–7 September mendatang.

“Minggu depan, KTT ASEAN akan dilaksanakan. Ini adalah tugas kita, menjaga keamanan dan ketahanan kelistrikan KTT ASEAN. Untuk itu, kami pastikan seluruh personel kami siap untuk menyukseskan KTT ini,” ujar Darmawan Prasodjo, Kamis (31/08/2023), di Jakarta.

Darmawan meyakini, pengalaman di berbagai kegiatan besar, mulai dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Perayaan Natal dan Tahun Baru, Idulfitri, hingga KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo membuat kapasitas tim PLN semakin mumpuni.

“Biasanya untuk event seperti ini persiapannya berbulan-bulan. Namun dengan pengalaman yang kami miliki, persiapan di KTT ASEAN ini hanya kurang dari satu bulan. Kami memberlakukan masa siaga kelistrikan sejak 25 Agustus hingga 7 September 2023 dengan memastikan sistem pembangkitan, transmisi, dan distribusi, hingga seluruh personel siap untuk menyukseskan KTT ini,” ujarnya.

Darmawan menegaskan, untuk pembangkit yang memasok sistem Jakarta saat ini hari operasional pembangkit (HOP) di atas 15 hari.

Selain itu, sebanyak 13 gardu induk yang menjadi tulang punggung jaringan transmisi juga dalam posisi yang prima dan tanpa gangguan.

“PLN juga menerapkan protokol anti blackout dan kami lakukan sistem pengaturan beban yang responsif lewat automatic changing dari satu sistem ke sistem lainnya. Sehingga, seluruh sistem jaringan dalam posisi secure,” ujarnya.

Dirut PLN mengatakan, pihakya menyiapkan empat lapisan skema pasokan untuk enam venue utama dan dua bandar udara (bandara), serta dua lapisan untuk 19 hotel lokasi menginap para delegasi KTT ASEAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Meski Dukung Holdingisasi, DPR Ingatkan Saham BUMN Rawan Dikapitalisasi

JAKARTA- DPR setuju dengan rencana holding sektor pertambangan yang digagas

8.823 MW Pembangkit Akan Beroperasi di Tahun 2020

JAKARTA-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan akan ada