“Ponzi” GoTo Mulai Terjun Bebas

Friday 2 Dec 2022, 6 : 20 pm
by
Ilustrasi

Oleh: Anthony Budiawan

Saham GoTo masih terus melanjutkan tren turun, dan mencapai level terendah sejak penawaran saham perdana, atau IPO, pada awal April lalu.

Saham GoTo ditutup Rp141 per saham pada transaksi kemarin (1 Desember 2022), turun Rp10 dari rekor terendah pada transaksi sehari sebelumnya yang ditutup Rp151 per saham.

Artinya, saham GoTo pada 1 Desember 2022 sudah turun lebih dari 58 persen dibandingkan harga IPO sebesar Rp338 per saham.

Dengan demikian, market cap (kapitalisasi pasar), atau nilai pasar, GoTo anjlok dari Rp400,3 triliun pada saat penawaran harga perdana menjadi tinggal Rp167 triliun saja. Gelembung market cap GoTo sedang meletus.

GoTo memang kelihatannya saja besar. Tetapi, isi sebenarnya hampa.

Bisnisnya tergantung dari ‘bakar duit’. GoTo tidak pernah mendapat untung selama berdiri 10-12 tahun yang lalu.

Total akumulasi rugi GoTo per 30 September 2022 sudah mencapai Rp99,3 triliun. Sekarang pasti sudah lebih dari Rp100 triliun.

Anehnya, Telkomsel yang merupakan bagian dari BUMN Kok mau membeli saham GoTo yang jelas-jelas sedang rugi, dan kemungkinan besar tidak akan bisa memperoleh untung. Apakah ada yang paksa beli? Siapa? Perlu diusut.

Karena, membeli saham GoTo dengan kondisi perusahaan rugi terus seperti itu, Telkomsel dengan sadar, dan sengaja, melakukan spekulasi, tepatnya gambling, dengan tarohan sebesar nilai pembelian saham Rp6,4 triliun.

Dengan menggunakan harga Rp141 per saham, Telkomsel mengalami rugi Rp3,06 triliun dari investasi di saham GoTo ini. Memang rugi ini fluktuatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Larangan Impor Hortikultura Mulai Bebani Industri

JAKARTA – Kebijakan pemerintah yang membatasi impor hortikultura dinilai telah

Putut: Saya Bukan Yahya Waloni

JAKARTA-Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada AM Putut Prabantoro akhirnya angkat