Pos Raya: Program Anies-Sandi Pepesan Kosong

Tuesday 18 Apr 2017, 10 : 06 pm
by
Cagub Anies Baswedan

2.Anies berbohong soal Rumah dengan DP 0 Rupiah. Sekali lagi, kita ambil debat terakhir sebagai rujukan karena langsung keluar dari mulut yang bersangkutan dan disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam debat tersebut Ahok mempertanyakan rumah seperti apa yang akan dibangun, dimana rumah tersebut akan dibangun, berapa jumlahnya, dan siapa saja yang berhak menfapatkannya?

Menjawab pertanyaan Ahok tersebut Anies menegaskan bahwa dirinya tdk menjanjikan membangun rumah. Anies dan Sandi hanya menjanjikan Pemda DKI yg akan dipimpinnya menyiapkan instrumen pembiayaan agar warga bisa membeli rumah dengan DP 0 Rupiah.

Siapa yang membangunnya? Bisa pemerintah, bisa swasta, bisa masyarakat, tapi Anies Sandi sendiri tidak menjanjikan akan membangun rumah dan dijual dengan DP 0 Rupiah kepada warga. Pertanyaan kritis warga adalah, bagaimana kalau tidak ada yang membangun dan siap bekerja sama dengan skema pembiayaan 0 Rupiah?

Instrumen pembiayaan dengan skema DP 0 Rupiah milik Anies-Sandi tidak akan berfungsi bukan? Masyarakat yang cerdas akhirnya menilai bahwa Anies tidak sungguh-sungguh berkomitmen untak menyediakan tempat hunian yang layak untuk warganya.

Warga membandingkannya dengan komitmen Ahok Djarot yang dengan tegas menyatakan Pemda DKI yang dipimpinnya memiliki kewajiban dan bertanggung jawab untuk menyediakan tempat hunian yang layak bagi warga yang kurang mampu.

Program ini tdk tergantung kepada pihak lain, tetapi Pemda DKI sendiri yang akan membangunnya dengan skema Sewa dengan harga yang sangat murah. Mengapa disewakan dan tidak dibagikan secara gratis?

Disewakan agar Pemda DKI bisa bangun lebih banyak lagi dan semua warga Jakarta mendapatkan tempat hunian yang layak.
Kalau semua sudah dapat, baru Pemda DKI bisa berpikir menyediakan rumah dengan skema Hak Milik secara gratis kepad warga yang tidak mampu.

3.Anies sudah terbukti gagal sejak kampanye. Anies selalu bicara tentang tata kelola pemerintahan yang partisipatif dan transparan. Mari kita periksa bagaimana perwujudan aspek partisipatif, merangkul semua pihak, dan transparan itu diterapkan Anies selama masa kampanye. Mampukah Anies merangkul semua pendukungnya untak partisipatif dalam upaya pemenangan Anies Sandi?

Faktanya, lebih dari 75% dana pemenangan Anies-Sandi yang totalnya berjumlah hampir Rp 90 miliar lebih bersumber dari pribadi Sandiaga. Hal ini berbeda jauh dengan Ahok-Djarot yang sebagian besar dananya beradal dari sumbangan warga yang menjadi relawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Vaksin Masal

Dukung PON XX, IPDN Kemendagri dan TNI AL Gebyar Vaksinasi Massal di Papua

JAKARTA-Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bersama TNI AL akan melaksanakan

Kementerian ESDM dan IEA Tandatangani Kerja Sama Program Transisi Energi

JAKARTA-Kementerian ESDM dan International Energy Agency (IEA) menandatangani program kerja