Presiden Joko Widodo Resmikan Bandar Udara Siboru, PP Persero Dapat Cuan Rp832,5 Miliar

Thursday 30 Nov 2023, 11 : 05 am
perseroan sedang berada dalam status PKPU yang diajukan oleh PT Sahabat Daya Mandiri, dengan Nomor Perkara 399/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Niaga Jkt.Pst.
Ilustrasi/photo dok bisnis

JAKARTA-Manajemen PT PP  Persero Tbk (PTPP) melaporkan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pengoperasian Bandar Udara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, pada Rabu (29/11).

Peresmian Bandar Udara Siboru itu ditandai secara simbolis dengan penandatanganan prasasti.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, Bandar Udara Siboru Fafkfak dapat menghubungkan sejumlah wilayah lain di Papua, seperti Kabupaten Sorong, Kabupaten Kaimana, hingga Kabupaten Teluk Bintuni.

“Bandara Siboru ini akan menjadi jembatan udara di wilayah Papua Barat, menghubungkan Fakfak dengan daerah-daerah yang lain,”kata Jokowi.

Seperti diketahui, Bandara Siboru Fakfak mempunyai luas area 5.000 meter persegi yang dapat menampung hingga 153.945 penumpang per tahun.

Bandara tersebut merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dikerjakan PTPP dengan nilai kontrak Rp832,5 miliar pada pekerjaan sisi darat dan sisi udara.

Adapun Runway bandara ini sepanjang 1.600 meter x 30 meter dan akan menjadi sarana akomodasi transportasi udara yang utama di Kabupaten Fakfak.

Ini menggantikan fasilitas bandara sebelumnya, yaitu Bandara Torea, di mana panjang runway hanya 1.200 meter x 30 meter dan tidak dapat diperluas lagi.

Menurut Novel Arsyad, Direktur Utama PTPP, peresmian Bandar Udara Siboru di Kabupaten Fakfak ini menambahkan portofolio proyek-proyek yang telah selesai dikerjakan oleh PTPP di Papua.

Sebelumnya, papar Novel, PTPP telah menyelesaikan beberapa proyek, seperti proyek infrastruktur Jembatan Holtekamp (landmark Papua) di Jayapura pada tahun 2019 dan Proyek Tangguh LNG Kilang Gas Alam Cair di tahun 2020.

Selanjutnya, Proyek Gedung seperti beberapa fasilitas olahraga di Jayapura pada tahun 2020 – 2021, Gedung Keuangan Negara Jayapura pada tahun 2021, serta Gedung Majelis Rakyat Papua di Jayapura pada tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Terbitkan Sukuk Negara Ritel SR-011

JAKARTA-Pengembangan pasar keuangan syariah perlu mendapat dukungan. Karena itu, pemerintah

PSI: Commitment Fee Formula E Rp 200 Miliar Bisa Buat Beli Tambahan Sembako 1,3 Juta KK

JAKARTA-Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta mengeritik keras kebijakan