Puan Kembali Jajaki ‘Kongsi’ PDIP-Demokrat

Sunday 3 Sep 2023, 7 : 07 pm
by
Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani

SOLO-Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menjajaki kemungkinan kerja sama PDIP dengan Partai Demokrat yang keluar dari koalisi pendukung Anies.

Apalagi, komunikasi antara PDIP dengan Demokrat cukup baik.

“(Komunikasi dengan Demokrat) masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kita akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk ke semua partai,” ungkap Puan usai menutup acara Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/8/2023) malam.

“Saya ucapkan selamat kepada pasangan Mas Anies dan Cak Imin yang sudah mendeklarasikan sebagai calon presiden dan calon wakil presiden,” katanya.

Terkait manuver Anies bersama Partai NasDem yang seolah meninggalkan Demokrat dengan memutuskan Cak Imin sebagai bakal calon wakil presiden, Puan mengatakan itu merupakan dinamika politik pada kontestasi Pemilu.

“Semua partai pasti punya strateginya masing-masing,” ucap Ketua Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 PDIP tersebut.

Deklarasi Anies-Cak Imin tak hanya menyebabkan Demokrat keluar dari Koalisi Perubahan. Karena menerima tawaran posisi bakal cawapres untuk Cak Imin, PKB juga hengkang dari koalisi pendukung bakal capres Prabowo Subianto.

Puan pun meyakini koalisi pendukung bakal capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, akan tetap solid.

Khususnya PPP yang telah berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan PDIP.

“Kami meyakini PPP masih teguh bisa bersama-sama dengan PDI Perjuangan. Kami juga menyadari dinamika politik bisa saja kemudian terjadi suatu dinamika perubahan, namun sampai hari ini kami meyakini PPP akan tetap bersama PDIP,” tutur Puan.

Munculnya poros baru pasangan Anies-Cak Imin juga membuat PDIP mempertimbangkan kembali bakal cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024 mengingat sebelumnya Cak Imin masuk dalam radar PDIP.

Puan mengatakan pihaknya akan melakukan pengkajian ulang.

“Dengan situasi dan kondisi seperti ini tentu saja kami akan mempertimbangkan lagi hal-hal atau kemungkinan-kemungkinan yang nantinya akan menjadi suatu keputusan,” papar cucu Bung Karno itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

selama periode 2015—2020, ekspor produk-produk kimia mengalami tren positif, baik dari sisi nilai dan volume

Ekspor Produk Kimia Diperkirakan Capai USD 13,7 Miliar

JAKARTA-Kementerian Perdagangan (Kemendag) memperkirakan ekspor produk kimia hingga akhir tahun

Pertamina Naikkan Elpiji 12 Kg Sebesar Rp1.500/kg

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk menaikkan harga Elpiji non subsidi