Puan Saksikan Keseruan Latgab TNI 2023 di Banyuwangi

Monday 31 Jul 2023, 8 : 03 pm
by
Ketua DPR Puan Maharani menyaksilan Latgab TNI 2023 bersama Panglima TNI Yudo Margono di Banyuwangi, Jawa TImur, Senin 31 Juli 2023. (Sumber Foto: Rilis)

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyaksikan keseruan latihan gabungan (Latgab) TNI 2023 di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin 31 Juli 2023. Latgab ini digelar dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan setiap Komando Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

Puan Maharani tidak seorang diri menyaksikan keseruan Latgab TNI 2023 itu. Ia ditemani Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menko Polhukam Mahfud MD, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas beserta sejumlah petinggi TNI.

Mereka terbang dari Lanud TNI Halim Perdana Kusuma pada Senin pagi dan tiba di Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Para pejabat itu kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan helikopter menuju KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk menyaksikan Latgab TNI 2023 dari atas kapal TNI itu.

Puan mengatakan, Latgab tersebut menjadi langkah proaktif TNI dalam memperkuat kemampuan pertahanan negara, menjaga integritas wilayah, serta memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

“Latihan Gabungan TNI Tahun 2023 merupakan momen penting bagi anggota TNI untuk terus meningkatkan profesionalisme dan kemampuan tempur guna menghadapi potensi ancaman yang mungkin timbul,” ungkap Puan.

Puan beserta rombongan menyaksikan latihan perang TNI didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, serta jajaran petinggi TNI lainnya.

Dari KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, Puan menyaksikan penembakan senjata strategis, seperti Rudal C-705 yang diluncurkan oleh KRI Tombak-629 sebagai penembak utama.

Lalu ada juga Rudal C-802 yang ditembakkan oleh KRI Yos Sudarso-352 dan Rudal Excocet Mm 40 Block 3 yang ditembakkan oleh KRI R.E Martadinata-331 sebagai kapal penembak ketiga. KRI Jhon Lie menjadi penembak keempat.

Sementara sasaran tembak dalam Latgab adalah eks KRI Slamet Riyadi yang telah dinonaktifkan pada 2019 seusai 33 tahun beroperasi menjaga kedaulatan Indonesia di lautan. Kapal tersebut diletakan berjarak 35 NM dari lokasi keempat KRI.

Penembakan senjata tersebut merupakan bagian dari Latgab TNI 2023 yang diikuti oleh 7.500 prajurit dari tiga matra yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara dengan melibatkan berbagai taktik dan strategi dalam simulasi skenario pertempuran. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kinerja Keuangan ISAT Berbalik Untung Rp172 Miliar

JAKARTA-PT Indosat Tbk (ISAT) selama tiga bulan pertama tahun inimembukukan

Kontingan Mancanegara Kagum Dengan Kemeriahan Grand Opening Expo dan Conference Indonesi Multievent 2018

JAKARTA – Rangkaian kemeriahan Asian Games 2018 memang tidak ada