PWKI Beri Hadiah Istimewa ke Vatikan, Paus Fransiskus: Ohh… Che Belo, Artinya Sungguh Indah

Kamis 17 Nov 2022, 10 : 35 pm
by
Paus Fransiskus dengan berselempang kain batik dari GKBRAy Adipati Paku Alam X menyaksikan Gunungan Wayang Kulit dari Sri Sultan Hamengkubuwono X saat Rm Markus Solo Kewuta SVD menjelaskan filosofi Gunungan dan di latar belakang lukisan Maria Bunda Segala Suku dari Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, di Basilica St. Petrus, Rabu (16/11/2022)

Berdasarkan penjelasan dari Robert Gunawan, sebagaimana dikutip oleh Gomas Harun, dalam lukisan Maria – Bunda Segala Suku ini ada beberapa ciri khusus yakni bendera merah putih, motif lambang Garuda Pancasila, warna emas, mahkota, kerudung, baju kebaya putih, rok panjang warna merah dan suku-suku.

GUNUNGAN DAN BATIK

Hadiah istimewa yang lain ada Gunungan Wayang Kulit dari Sri Sultan Hamengkuwono X dan kain batik Ceplok Mangkara Latar Kawung yang dibuat sendiri oleh GKBRAy Adipati Paku Alam X.

Rombongan PWKI bersama Paus Fransiskus

Kedua hadiah ini hadir sebagai hasil diskusi antara Thomas Sukawan Aribowo anggota delegasi dari Yogyakarta dan AM Putut Prabantoro terkait hadiah istimewa dan khusus bagi Paus Fransiskus.

Pilihan jatuh untuk menghubungi raja dan adipati dari Yogyakarta tersebut.

Melalui cucu Sri Sultan Hamengkubuwono X, RM Gusti Lantika Marrel Suryokusumo, sebuah gunungan  dari kulit sapi diberikan Sri Sultan Hamengkubuwono X kepada PWKI.

Gunungan memerupakan simbol alam semesta dan manusianya.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Neraca Perdagangan Mei 2021 Surplus Rp33,8 Triliun

JAKARTA-Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengungkapkan neraca perdagangan pada Mei

PBRX Siap Tambah Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

JAKARTA-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Pan Brothers Tbk