Raih Pendapatan Rp12,2 Triliun, Laba Bersih MAPI di Semester I Naik 316,3%

Wednesday 10 Aug 2022, 2 : 45 am
by
PT Mitra Adiperkasa Tbk

JAKARTA-PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) selama enam bulan pertama tahun ini berhasil membukukan laba bersih mencapai Rp1,2 triliun atau melonjak hingga 316,3 persen (year-on-year).

Menurut VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, Ratih D Gianda dalam siaran pers yang dikutip Selasa (9/8), pertumbuhan laba bersih tersebut ditopang perolehan pendapatan di Semester I-2022 yang sebesar Rp12,2 triliun atau bertumbuh 34,1 persen (y-o-y).

Dia menyebutkan, margin laba kotor di Semester I-2022 tercatat meningkat menjadi 44,4 persen dari 42,7 persen pada periode yang sama di 2021.

Laba usaha bertumbuh 93,6 persen (y-o-y) menjadi Rp1,3 triliun dan EBITDA di semester pertama tahun ini mencapai Rp2,4 triliun atau meningkat dari Rp1,8 triliun pada periode yang sama di 2021.

“Kami membukukan kinerja yang baik secara merata di seluruh lini bisnis perusahaan, yang menunjukkan kekuatan dan kemampuan dari model bisnis unified retail. Strategi kami untuk memberikan pelayanan terbaik melalui berbagai pilihan berbelanja —baik offline maupun online— telah menjadi fondasi perusahaan untuk pertumbuhan masa kini maupun masa mendatang,” papar Ratih.

Dia menegaskan, saat ini MAPI kembali ke fase pertumbuhan dan manajemen perseroan siap untuk memberikan pertumbuhan penjualan maupun laba melalui serangkaian investasi yang terencana pada program transformasi digital.

Ratih menyampaikan, momentum penjualan MAPI sangat kuat, terutama pada segmen sports, fashion, health & beauty, serta gadget digital melalui pembukaan 161 gerai fisik pada Semester I-2022, antara lain Foot Locker, Skechers, Boots, Digimap dan Lego.

Momentum yang kuat juga terdapat pada brand F&B terbaru, yakni Subway.

Dia menambahkan, momentum penjualan digital tetap stabil, meskipun sebagian besar gerai di Indonesia beroperasi hampir secara normal selama Kuartal II-2022.

Penjualan digital di kuartal kedua tahun ini meningkat 11 persen (y-o-y) menjadi Rp576,2 miliar.

Saat ini MAPI mengoperasikan 26 kanal online dan hadir di 11 kanal marketplace.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemitraan ini diharapkan mampu memenuhi komitmen Indonesia dalam mereduksi emisi gas rumah kaca sesuai Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 sebesar 29% dari Bussiness As Usual (BAU) dengan kemampuan sendiri, dan 41% dengan bantuan internasional.

Penurunan Harga Gas Mulai 1 April 2020

JAKARTA-Pemerintah memutuskan agar harga gas bumi diturunkan menjadi rata-rata US$

Menkeu: Program UMi Jadi Pelengkap Program KUR

GORONTALO – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, program