Rasio Pajak 2024 Ditargetkan Naik

Wednesday 14 Jun 2023, 5 : 35 pm
Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah

JAKARTA-Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah optimis bahwa target rasio perpajakan Indonesia bakal tumbuh dua digit pada 2024.

Hal ini karena kondisi penerimaan pajak telah ditunjang oleh berbagai poin seperti Program Pengungkapan Sukarela (PPS), Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), dan realisasi penerimaan perpajakan 2022 yang surplus. “Cobalah kita lebih berani progresif lagi,” katanya di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Sebelumnya Banggar DPR dan pemerintah telah membahas rasio pajak pada kisaran 10,7 persen sampai 12,3 persen pada 2024.

Bahkan sejumlah negara Asean seperti Laos, Vietnam, Malaysia, rata-rata rasio pajak terhadap PDB sudah ada di kisaran 12 persen hingga15 persen.

Lebih lanjut Said menanyakan kepada Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu apakah bisa lebih progresif menaikan rasio pajak 2024.

“Cobalah kita lebih berani progresif lagi. Kalau yang Pak Marwan sampaikan 10 persen sampai 15 persen, pemerintah berani enggak, Pak Febrio?” ungkapnya.

Banggar DPR RI minta agar target rasio perpajakan yang ditetapkan pemerintah bisa semakin progresif ke depannya. Setidaknya, ditargetkan pada kisaran 10 persen hingga 15 persen.

Seperti diketahui, sebelumnya Komisi XI DPR RI bersama pemerintah telah menyepakati kisaran rasio pajak (tax ratio) berada pada angka 9,92 persen hingga 10,2 persen pada 2024.

Bahwa angka tersebut naik tipis dari pengajuan pemerintah yang berada pada rentang 9,91 persen hingga 10,18 persen.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pegiat Kesetaraan Gender Alexander Aur

Pengamat: Puan Maharani Sangat Potensial Menjadi Pemimpin Nasional

JAKARTA-Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai sangat potensial menjadi pemimpin

Terus Meningkat, Daya Saing Pariwisata Indonesia Peringkat 42 Dunia

JAKARTA-Dunia pariwisata Indonesia boleh berbesar hati. Indeks daya saing Indonesia