Resmi, Heidelberg Materials Kuasai 51% Saham Indocement Tunggal Prakarsa

Wednesday 8 Nov 2023, 4 : 28 pm
ILUSTRASI

JAKARTA-Heidelberg Materials AG (HDM), membeli 1,877 miliar (51%)  saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) yang dimiliki Birchwood melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 7 November 2023.

Setelah transaksi tersebut, Heidelberg Materials AG menguasai secara langsung 51% saham INTP.

Dani Handajani, Sekretaris Perusahaan ITNP dalam laporan keterbukaan informasi ke BEI, Rabu (8/11), saham senilai Rp20,69 triliun itu dibeli oleh Heidelberg Materials untuk tujuan restrukturisasi Grup Heidelberg Materials AG.

Menurut Handajani, efektif per 7 November 2023, Heidelberg jadi pengendali dan pemegang saham mayoritas INTP sebanyak 1.877.480.863 atau setara 51%.

Transaksi saham INTP dilakukan pada harga Rp11.022 per saham atau jauh di atas harga penutupan INTP di BEI, Selasa, (7/11) sebesar Rp9.900 per saham.

Handajani mengemukakan, tidak ada perubahan pemegang saham pengendali INTP dalam transaksi tersebut.

Pasalnya, lanjut Handajani, transaksi ini hanya mengakibatkan perubahan kepemilikan Heidelberg Materials AG, dalam emiten semen tersebut, yang semula tidak langsung, menjadi kepemilikan langsung.

Di Heidelberg Materials AG, merupakan perusahaan Jerman yang berusia lebih dari 150 tahun.

Memiliki lebih dari 51.000 karyawan di hampir 3.000 lokasi di lebih dari 50 negara, Heidelberg adalah salah satu produsen bahan bangunan dan solusi terintegrasi terbesar di dunia dengan posisi pasar terdepan dalam semen, agregat, dan beton siap pakai.

Produk dan layanan Heidelberg digunakan dalam pembangunan rumah, infrastruktur, fasilitas komersial dan industri. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Spotify PodCast Post

Usu tantas omittantur ut, per te modo appetere senserit. Ei
fintech

OJK Dorong Masyarakat Manfaatkan Pinjaman Daring

SAMARINDA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong masyarakat untuk semakin memahami