Respons Geliat KPR di Kuartal I, BBTN Intensifkan Penyaluran Kredit Syariah

Friday 30 Apr 2021, 7 : 44 pm
by
BBTN meraih dua pengahargaan di ajang HR Excellence 2021 sebagai ganjaran positif bagi perseroan yang berupaya mencapai visi Home of Indonesia’s Best Talent
Ilustrasi

JAKARTA-Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) tengah mengintensifkan penyaluran kredit kepemilikan rumah (KPR), sebagai upaya merespons peningkatan permintaan kredit yang terjadi dalam empat bulan pertama tahun ini.

Menurut Direktur Consumer and Commercial Lending BBTN, Hirwandi Gafar, permintaan atas KPR BTN Syariah pada empat bulan pertama tahun ini terus meningkat dibandingkan tahun lalu.

Bahkan pada April 2021 saja, realisasi akad subsidi dan non-subsidi KPR BTN Syariah mendekati 3.500 unit rumah.

“Kami melihat permintaan atas KPR BTN Syariah terus meningkat pada tahun ini seiring dengan pemulihan ekonomi nasional. Karena itu, kami mengoptimalkan penggarapan peluang tersebut dengan merealisasikan KPR Spektakuler Ramadan,” ujar Hirwandi dalam siaran pers BBTN yang disampaikan melalui surat elektronik, Jakarta, Jumat (30/4).

Selama empat bulan pertama di 2021, kata Hirwandi, BTN Syariah mencatatkan realisasi KPR syariah sebanyak 9.889 unit yang terdiri dari 8.640 unit KPR bersubsidi dengan skema Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) dan sebanyak 1.249 unit KPR nonsubsidi.

Dia menilai, permintaan yang tinggi terhadap hunian tersebut seiring dengan adanya upaya pemenuhan kebutuhan yang mendesak di masa pandemi Covid-19.

“Realisasi KPR syariah kami terus bertumbuh dari tahun lalu. Kami meyakini penyaluran tersebut akan terus meningkat, seiring pemulihan ekonomi dan kemudahan yang ditawarkan KPR BTN Syariah,” papar Hirwandi.

Hirwandi mengungkapkan, sejauh ini BBTN memiliki beragam produk pembiayaan kepemilikan rumah berskema syariah, seperti KPR berubsidi yang disalurkan dengan skema KPR Sejahtera FLPP dan KPR BP2BT, serta KPR nonsubsidi dengan produk KPR BTN Platinum iB, KPR BTN Indent iB maupun Properti BTN iB (KPR Hits).

Bahkan, lanjut dia, pada bulan ini BTN Syariah telah meluncurkan produk KPR Spektakuler Ramadan yang sejalan dengan upaya mendorong percepatan pemenuhan backlog hunian atas Program Sejuta Rumah yang diinisiasi pemerintah.

Kemarin, BTN Syariah merealisasikan akad kredit 3.200 unit KPR BTN Syariah Spektakuler Ramadan.

Kemudahan yang bisa diakses para nasabah BBTN pada program KPR Spektakuler Ramadan, antara lain adalah angsuran tetap hingga lunas dan nasabah berkesempatan kompor induksi yang sejalan dengan dukungan Bank BTN terhadap Gerakan Satu Juta Kompor Induksi.

“Pada Ramadan ini, kami juga memberikan marjin KPR nonsubsidi mulai dari 7,42 persen, kado Ramadan senilai Rp144.200 dan diskon biaya administrasi, sehingga nasabah hanya perlu membayar sebesar 42 persen untuk biaya administrasi dan biaya proses,” tutur Hirwandi.

Untuk meningkatkan perluasan layanan dan penyaluran pembiayaan kepemilikan rumah, belum lama ini BBTN membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) Depok yang mengincar potensi besar pada sektor perumahan di Depok.

Hingga akhir Kuartal I-2021, BTN Syariah tercatat memiliki 91 jaringan kantor.

“Kami melihat pasar KPR syariah berkembang pesat, sehingga peluang BTN Syariah untuk menggarap pasar tersebut semakin besar,” ujar Hirwandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

CIMB Niaga Bantu Korban Gempa Aceh

JAKARTA-CIMB Niaga menggandeng dua lembaga masyarakat, yaitu Al Azhar Peduli

Menteri Johnny Dorong BUMN dan Swasta Gunakan Produk Dalam Negeri

JAKARTA-Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun