Right Issue, Bank BTPN Incar Dana Rp6,73 Triliun

Friday 23 Feb 2024, 9 : 22 am
by
ilustrasi

JAKARTA-Manajemen PT Bank BTPN Tbk (BTPN) mengumumkan, pihaknya akan menggelar penawaran umum terbatas (PUT) II atau right issuesebanyak 2.589.131.077 saham baru bernominal Rp20 per unit dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) pada Maret 2024.

Harga pelaksanaan right issue Rp2.600 per saham, sehingga emiten perbankan tersebut, berpeluang  mendapatkan tambahan modal sebesar Rp6,73 triliun.

Dana hasil penerbitan right issue, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, sebesar 62,6% dipergunakan untuk melakukan ekspansi dan investasi usaha salah satunya melalui pengambilalihan perusahaan yang bergerak di kegiatan usaha pembiayaan yaitu PT Oto Multiartha (OTO) dari PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan dari Sumitomo Corporation (Grup SC) dan SMBC.

Sementara 37,4% untuk melakukan ekspansi dan investasi usaha, salah satunya melalui pengambilalihan perusahaan yang bergerak di kegiatan usaha pembiayaan yaitu PT Summit Oto Finance (SOF) dari PT Summit Auto Group yang merupakan anak perusahaan dari Grup SC dan SMBC.

Direksi BTPN dalam prospektus tambahan penawaran umum terbatas saham (PUT) II atau right issue, dikutip Jumat (22/2/2024) menyebutkan, rencana right issue ini sudah disetujui pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) BTPN pada 7 Desember 2023.

Rencana penerbitan right issue BTPN tersebut juga telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada 19 Februari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ahok Resmi Jabat Komut Pertamina

JAKARTA-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir resmi menunjuk

Warga Tolak Uang Ganti Rugi Pembangunan Kampus UIII

DEPOK – Warga yang akan terkena dampak dari pembangunan Universitas Islam