Saham Ace Oldfields (KUAS) Alami Oversubscribed

Tuesday 19 Oct 2021, 1 : 48 am
by
masa penawaran umum saham Ace Oldfields dengan nilai nominal Rp50 per lembar tersebut selama kurun 18-21 Oktober 2021
PT Ace Oldfields Tbk

JAKARTA-Perusahaan yang bidang produksi peralatan dan perlengkapan pengecatan, PT Ace Oldfields Tbk (KUAS) mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak enam kali dari porsi pooling.

Berdasarkan pengumuman PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang dikutip Senin (18/10), Ace Oldfields melakukan penawaran umum perdana saham (IPO) sebanyak 390 juta lembar, dengan nilai nominal Rp50 per lembar. Masa penawaran umum dilakukan selama kurun 18-21 Oktober 2021.

Dengan harga pelaksanaan saham IPO sebesar Rp195 tersebut, maka melalui aksi korporasi ini perseroan akan meraup dana sebesar Rp70,05 miliar.

Manajemen Ace Oldfields menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Menurut Direktur Investment Banking NH Korindo Sekuritas, Amir Suhendro Samirin dalam keterangan resmi yang dipublikasi di Jakarta hari ini, KUAS sudah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14 Oktober 2021 dan diharapkan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) bisa dilakukan pada 25 Oktober 2021.

Amir mengaku, calon investor merespons positif saham IPO KUAS.

Tercermin dari adanya oversubscribed pada masa bookbuilding sebanyak 2,2 kali dari keseluruhan pemesanan atau oversubscribed sebanyak 6 kali dari pooling.

Dia menambahkan, hal ini menjadi sinyal positif bagi KUAS, serta menunjukan bahwa para investor memiliki keyakinan terhadap performa perseroan, baik secara historis maupun yang akan datang.

“Melihat antusias tersebut, kami memiliki keyakinan bahwa penawaran umum ini akan diminati. Sehingga, sesuai dengan keinginan kami bahwa saham perseroan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Direktur Utama Ace Oldfields, Josef Kandiawan, hari ini perseroan berhasil mencapai milestone baru dan strategis untuk semakin memperkuat dan memperluas bisnis perusahaan.

“IPO ini juga menjadi momen penting bagi kami, sebagai awalnya adalah perusahaan keluarga dan berkah kepada perusahaan dalam upaya mempercepat pengembangan bisnis dan investasi,” ucap Josef.

Berdasarkan Prospektus IPO KUAS, seluruh dana hasil Penawaran Umum —setelah dikurangi biaya-biaya emisi— akan digunakan sebesar 38,69 persen untuk pembelian sebidang tanah dan bangunan di Cileungsi, Bogor Jawa Barat seharga Rp28 miliar.

Sisanya yang sebesar 61,31 persen untuk modal kerja KUAS, yaitu pembelian bahan baku dan beban operasional.

Selain mencatatkan saham, perseroan juga menerbitkan Waran Seri I sebanyak 130 juta lembar atau sebesar 14,4 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada saat pendaftaran.

Waran Seri I ini diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang Saham Baru.

Setiap pemegang tiga Saham Baru akan memperoleh satu Waran Seri I dengan harga exercise sebesar Rp250 per saham, sehingga perseroan akan memperoleh tambahan modal sebanyak-banyaknya Rp32,5 miliar yang akan dimanfaatkan sebagai tambahan modal kerja KUAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

PT Samudera Indonesia Tbk

Disepakati, Charoen Pokphan Indonesia Bagi Dividen Interim Rp100 per Saham

JAKARTA-PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) akan membagikan dividen interim

Gandeng MB-IPB, BTPN Wisuda Nasabah Mikro

BOGOR-Sebagai bank yang fokus dan konsisten menggarap segmen masyarakat berpenghasilan